Lies Andriani (2010) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 9 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2010_2010151PMT.pdf Download (379kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII7 SMP Negeri 9 Pekanbaru melalui penerapan strategi pembelajaran inkuiri. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah ” Apakah dengan penerapan strategi pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas VIII7 SMP Negeri 9 Pekanbaru, khususnya pada pokok bahasan Bangun Ruang Sisi Datar?” Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yaitu berkolaborasi antara guru mata pelajaran matematika dengan peneliti. Siswa kelas VIII7 SMP Negeri 9 Pekanbaru yang berjumlah 36 orang, dijadikan responden dalam penelitian ini. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes. Peneliti memberikan tes di akhir pembelajaran. Setelah diperoleh data hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan tindakan, peneliti memberikan skor untuk setiap soal per indikator dari pemecahan masalah, kemudian menganalisis data. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Analisis ketuntasan berdasarkan indikator pemecahan masalah sebelum tindakan, diperoleh hasilnya dengan rata-rata sebagai berikut: indikator 1 = 69,44%, indikator 2 = 68,52%, indikator 3 = 68,52%, indikator 4 = 70,37%, indikator 5 = 58,79%, indikator 6 = 54,63%, indikator 7 = 64,35%. Sedangkan setelah tindakan diperoleh hasil sebagai berikut: indikator 1 = 78,39%, indikator 2 = 75,46%, indikator 3 = 73,15%, indikator 4 = 85,17%, indikator 5 = 79,16%, indikator 6 = 70,37%, dan indikator 7 = 85,17%. Berdasarkan hasil penelitian dari analisis tindakan, diperoleh kesimpulan bahwa dengan menerapkan strategi pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya pada aspek pemecahan masalah. Hal ini dapat dilihat dari analisis ketuntasan belajar siswa kelas VIII7 setelah tindakan. Dari analisis ketuntasan secara individual dari 36 siswa, diperoleh 29 siswa tuntas dan 7 siswa yang belum tuntas, dengan rata-rata ketuntasan secara klasikal adalah 80,56%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 07 Sep 2017 08:45 |
Last Modified: | 07 Sep 2017 08:45 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11173 |
Actions (login required)
View Item |