PENERAPAN METODE BELAJAR SYNERGETIC TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH YPPI BENGKALIS

Sapuan, (2010) PENERAPAN METODE BELAJAR SYNERGETIC TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH YPPI BENGKALIS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
2010_2010145PMT.pdf

Download (395kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah YPPI Bengkalis melalui Metode Belajar Synergetic Teaching Penelitian ini dilatar belakangi oleh perlunya dilakukan pembaharuan dalam meningkatkan kreatifitas mengajar guru dalam pengelolaan proses pembelajaran matematika. Dalam proses pembelajaran, kemauan siswa untuk belajar masih rendah dan hasil belajar yang mereka peroleh juga masih rendah. Sebagian guru mengajar menggunakan pendekatan konvensional Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah YPPI Bengkalis pada semester genap tahun ajaran 2008/2009, karena kelas VIII hasil belajar matematikanya rendah yaitu masih dibawah 60 % . Pokok bahasan yang digunakan yaitu Bangun Ruang Sisi Lengkung (BRSL). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yaitu suatu penelitian praktis yang bertujuan untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan dalam pembelajaran di kelas yaitu salah satunya meningkatkan hasil belajar matematika siswa dan menyamaratakan kamampuan siswa di kelas, dengan cara melakukan tindakan-tindakan tertentu agar dapat memperbaiki dan meningkatkan praktik praktik pembelajaran di kelas secara lebih professional. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan Tes, observasi, dan dokumentasi. Pada pertemuan awal penulis yang melaksanakan tindakan (tanpa penerapan) dan 2 (dua) orang guru sebagai pengamat. Begitu juga pada siklus I, siklus II dan siklus III penulis yang melaksanakan tindakan sedangkan guru bidang studi matematika dan wali kelas sebagai pengamat, yang diamati yaitu aktivitas guru dan aktivitas siswa. Dokumentasi digunakan untuk mengetahui keadaan sekolah, guru dan keadaan siswa. Data tentang hasil belajar diperoleh melalui lembaran tes hasil belajar matematika disetiap akhir pertemuan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif. Analisis yang dilakukan dengan menggunakan program SPSS. Dari analisis data tindakan yang dilakukan mengenai penerapan Metode Belajar Synergetic Teaching diperoleh nilai t0 = 8,172 yang berarti lebih besar dari harga tt pada taraf signifikan 1% maupun pada taraf 5% dengan demikian hipotesis tindakan dalam penelitian ini diterima. Berdasarkan analisis dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran langsung dengan teknik nominal group dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah YPPI Bengkalis. Ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa yaitu yaitu pada pertemuan awal (sebelum tindakan) rata-ratanya 59,375 sedangkan dengan penerapan Metode synergetic teaching rata-rata hasil belajarnya 62,81 pada siklus I, 71,81 pada siklus II, dan 75,94 pada siklus III.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 07 Sep 2017 08:43
Last Modified: 07 Sep 2017 08:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11172

Actions (login required)

View Item View Item