PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KREATIF PRODUKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN GARIS-GARIS PADA SEGITIGA KELAS VIII.B MTs DINIYAH PUTERI PEKANBARU

Al Azmi, (2010) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KREATIF PRODUKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN GARIS-GARIS PADA SEGITIGA KELAS VIII.B MTs DINIYAH PUTERI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010144PMT.pdf

Download (237kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis apakah melalui strategi pembelajaran Kreatif-Produktif dapat meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan Garis-garis pada segitiga kelas VIII.B MTs Diniyah Puteri Pekanbaru. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah melalui strategi pembelajaran Kreatif-Produktif dapat meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan garis-garis pada segitiga kelas VIII.B MTs Diniyah Puteri Pekanbaru? Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.B MTs Diniyah Puteri Pekanbaru Tahun Pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 28 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, lembar observasi guru, siswa dan aktivitas diskusi kelompok. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang ditempuh dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Indikator keberhasilannya ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa, yaitu apabila sekurang-kurangnya 70% hasil belajar siswa kelas VIII.B MTs Diniyah Puteri Pekanbaru pokok bahasan Garis-garis pada Segitiga sudah mencapai nilai sekurang-kurangnya 65. Pada siklus 1 rata-rata kelas mencapai 65,57 dengan persentase ketuntasan 60,71%. Pada siklus 2 rata-rata kelas mencapai 71,96% dengan persentase ketuntasan 71,43%. Pada siklus 2 hasil belajar yang diperoleh sudah mencapai indikator yang ditetapkan. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa melalui strategi pembelajaran Kreatif-Produktif pokok bahasan garis-garis pada segitiga dapat meningkatkan hasil belajar matematika kelas VIII.B MTs Diniyah Puteri Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 07 Sep 2017 08:41
Last Modified: 07 Sep 2017 08:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11171

Actions (login required)

View Item View Item