MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN STRATEGI BELAJAR AKTIF TIPE THE FIRING LINE DI KELAS Xa2 MADRASAH ALIYAH PESANTREN DAR EL-HIKMAH PEKANBARU

Junaidi, (2010) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN STRATEGI BELAJAR AKTIF TIPE THE FIRING LINE DI KELAS Xa2 MADRASAH ALIYAH PESANTREN DAR EL-HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201093PMT.pdf

Download (353kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas Xa2 Madrasah Aliyah Pesantren Dar El Hikmah pekanbaru setelah mengikuti pembelajaran dengan mengunakan strategi belajar aktif tipe The Firing Line. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah penerapan strategi belajar aktif tipe the firing line dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas Xa2 Madrasah Aliyah Pesantren Dar El Hikmah Pekanbaru pada pokok bahasan bangun ruang?”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu guru berperan langsung dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas Xa2 Madrasah Aliyah Pesantren Dar El Hikmah pekanbaru pada semester genap tahun ajaran 2008/2009, Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa sebelum dan sesudah penerapan strategi pembelajaran Aktif Tipe The Firing Line. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, observasi, dan tes. Asfek yang diamati adalah aktivitas guru dan aktivitas siswa. Dokumentasi digunakan untuk mengetahui keadaan sekolah, guru dan keadaan siswa. Data tentang hasil belajar diperoleh melalui lembaran tes hasil belajar matematika disetiap akhir pertemuan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif. Analisis statistik deskriptif bertujuan untuk mendeskripsikan data tentang aktivitas siswa dan guru, nilai perkembangan siswa ketuntasan hasil belajar matematika dan untuk menguji keberhasilan tindakan dengan cara membandingkan hasil belajar matematika sebelum tindakan dengan hasil belajar matematika setelah tindakan. Dari analisis data tindakan yang dilakukan mengenai penerapan strategi belajar aktif tipe the firing line hasil belajar siswa meningkat, dengan demikian penelitian ini diterima. Data ketuntasan dan rata-rata hasil belajar matematika berturut-turut sebelum dan sesudah tindakan selama proses pembelajaran adalah (53,84%, 65) sebelum tindakan, (73,07%, 70,38) siklus I, (80,77%, 77,30) siklus II dan (100%, 82,12) siklus III.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 07 Sep 2017 08:16
Last Modified: 07 Sep 2017 08:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11160

Actions (login required)

View Item View Item