PENERAPAN TEKNIK KELOMPOK BUZZ (BUZZ GROUP) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII8 SMP NEGERI 11 PEKANBARU

Jhoni Ardianto, (2010) PENERAPAN TEKNIK KELOMPOK BUZZ (BUZZ GROUP) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII8 SMP NEGERI 11 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201088PMT.pdf

Download (547kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan motivasi belajar matematika pada siswa kelas VIII8 SMP Negeri 11 Pekanbaru melalui Penerapan Teknik Kelompok Buzz (Buzz Group). Teknik Kelompok Buzz (Buzz Group) merupakan teknik sederhana untuk memecahkan masalah dalam kelompok-kelompok kecil secara bersamaan dalam ruangan yang sama. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah Teknik Kelompok Buzz (Buzz Group) dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan geometri dan pengukuran kelas VIII8 SMPN 11 Pekanbaru?”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data pada penelitian yaitu: satu kali pertemuan awal dan (3) tiga kali siklus, peneliti mengadakan observasi awal kepada siswa dengan mengisi lembar observasi sesuai dengan indikator yang telah diterapkan. Selanjutnya peneliti menerapkan Teknik Kelompok Buzz (Buzz Group) dan pengamat mengamati perkembangan motivasi siswa dengan mengisi lembaran observasi. Dari analisis data antara pertemuan awal dengan siklus ke III diperoleh bahwa persentase motivasi belajar matematika siswa meningkat. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan Teknik Kelompok Buzz (Buzz Group) dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas VIII8 SMP Negeri 11 Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 07 Sep 2017 08:10
Last Modified: 07 Sep 2017 08:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11159

Actions (login required)

View Item View Item