PENERAPAN PEMBELAJARAN MANDIRI DENGAN TEKNIK MASTER PLAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIID SMP MUHAMMADIYAH KUOK

Herni Purnamawati, (2010) PENERAPAN PEMBELAJARAN MANDIRI DENGAN TEKNIK MASTER PLAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIID SMP MUHAMMADIYAH KUOK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
2010_201084PMT.pdf

Download (705kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran mandiri dengan teknik MASTER-Plan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIID SMP Muhammadiyah Kuok. Adapun perumusan masalahnya adalah “apakah penerapan pembelajaran mandiri dengan teknik MASTER-Plan dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VIID SMP Muhammadiyah Kuok pada pokok bahasan garis dan sudut?”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu suatu penelitian praktis yang bertujuan untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan dalam pembelajaran di kelas dengan cara melakukan tindakan tertentu agar dapat memperbaiki dan meningkatkan praktek-praktek pembelajaran di kelas secara lebih profesional. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIID SMP Muhammadiyah Kuok pada semster genap tahun ajaran 2008/2009 dengan jumlah siswa sebanyak 27 orang. Pokok bahasan yang digunakan yaitu garis dan sudut. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah evaluasi berupa tes. Tes dilakukan sebanyak empat kali dalam empat kali pertemuan dengan rincian satu kali sebelum tindakan dan tiga kali setelah tindakan. Setelah data diperoleh kemudian peneliti mengelola data dengan menggunakan komputer ” SPSS for windows versi 16,0 ” yang bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya peninkatan yang signifikan dari dua variabel yang diinferensialkan yaitu hasil belajar matematika sebelum menggunakan pembelajaran mandiri dengan teknik MASTER-Plan dan hasil belajar matematika sesudah menggunakan pembelajaran mandiri dengan teknik MASTER Plan. Dari analisis data deskriptif yang dilakukan mengenai penerapan pembelajaran mandiri dengan teknik MASTER-Plan diperoleh nilai Test ”t”= 9.070 yang berarti lebih besar dari harga kritik Test ”t” baik pada taraf signifikan 1% maupun 5% dengan demikian hipotesis tindakan dalam penelitian ini diterima. Berdasarkan analisis dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran mandiri dengan teknik MASTER –Plan dapat meningkatkan hasil belajar matematika kelas VIID SMP Muhammadiyah Kuok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 07 Sep 2017 08:09
Last Modified: 07 Sep 2017 08:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11158

Actions (login required)

View Item View Item