KONSEP PEMANFAATAN BARANG GADAI MENURUT IBNU QUDAMAH DAN RELEVANSINYA TERHADAP BISNIS PEGADAIAN SYARIAH KONTEMPORER

Juliana, (2010) KONSEP PEMANFAATAN BARANG GADAI MENURUT IBNU QUDAMAH DAN RELEVANSINYA TERHADAP BISNIS PEGADAIAN SYARIAH KONTEMPORER. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201055EI.pdf

Download (817kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “ Konsep Pemanfaatan Barang Gadai Menurut Ibnu Qudamah dan Relevansinya Terhadap Bisnis Pegadaian Syariah Kontemporer” Ditulis berdasarkan latar belakang bahwa gadai adalah menahan salah satu harta milik si peminjam sebagai jaminan atas pinjaman yang diterimanya, Ibnu Qudamah menyatakan bahwa barang yang digadaikan berupa hewan yang ditunggangi dan diperah boleh dimanfaatkan oleh murtahin. Berbeda dengan pegadaian sekarang barang yang digadaikan hanya barang-barang tertentu dan tidak boleh dimanfaatkan oleh murtahin walaupun ada izin dari rahin. Oleh karena itu penulis tertarik untuk llebih mendalami tentang permasalahan konsep pemanfaatan barang gadai menurut Ibnu Qudamah dan pendapat-pendapat beliau yang spesifik yang mempunyai cirri khusus yang mungkin relevan untuk diaplikasikan dalam pratek pegadaian kontemporer. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah : Bagaimana konsep pemanfaatan barang gadai gadai menurut Ibnu Qudamah dan Bagaimana Relevansi pandangan Ibnu Qudamah tentang konsep pemanfaatan barang gadai terhadap bisnis pegadaian syariah kontemporer. Metode penelitian yang penulis gunakaan adalah studi kkepustakaan ( Library research) dimana data dan sumber datanya diperoleh dari penelaahan terhadap literature-literatur yang sesuai dengan permasalah. Dalam memperoleh data penulis menggunakan data Primer yaitu kitab al-mughni, data sekunder diambil dari buku yang berkaitan dengan permasalahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep Ibnu Qudamah tentang pemanfaatan barang gadai, dan relevansi pemanfaatan barang gadai terhadap bisnis pegadaian kontemporer.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Mr. Muhammad Arif
Date Deposited: 07 Sep 2017 04:55
Last Modified: 07 Sep 2017 04:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11157

Actions (login required)

View Item View Item