Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KONSEP PRODUKSI MENURUT MUHAMMAD BAQIR ASH-SHADR DALAM BUKU IQTISHODUNA

Kuni Mubarokah (2010) KONSEP PRODUKSI MENURUT MUHAMMAD BAQIR ASH-SHADR DALAM BUKU IQTISHODUNA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201054EI.pdf

Download (362kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul KONSEP PRODUKSI MENURUT MUHAMMAD BAQIR ASH-SHADR DALAM BUKU IQTISHODUNA Produksi merupakan salah satu bagian dari pemenuhan kebutuha manusia untuk mensejahterakan ekonomi yang terdiri dari bertambahnya pendapatan yang diakibatkan oleh peningkatan produksi dari barang-barang yang berfaedah melalui pemanfaatan sumber-sumber daya secara maksimum baik menusia maupun benda, demikian juga keikutsertaan jumlah maksimum orang dalam proses produksi. Pokok permasalahan pada penelitian ini adalah Bagaimana Konsep produksi menurut Muhammad Baqir ash-Shadr dalam Buku Iqtishoduna, dan Apakah sumber-sumber produksi menurut Muhammad Baqir ash-Shadr dalam buku Iqtishoduna. Metode yang penulis gunakan adalah study pustaka (liberary research), sebagai data primer tulisan ini adalah karya Muhammad Baqir ash-Shadr tentang produksi yaitu buku Iqtishoduna. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah Content Analisis (menganalisa pendapat seseorang kemudian ditambah pendapat-pendapar orang lain lalu diambil kesimpulan). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep produksi menurut Muhammad Baqir ash-Shadr dalam buku Iqtishaduna dan untuk mengetahui Pemikiran Muhammad Baqir ash-Shadr tentang sumber-sumber produksi. Menurut Muhammad Baqir ash-Shadr konsep produksi merupakan kegiatan untuk menciptakan suatu keadilan yang mana ia menyadari betapa pentingnya peranan produksi dalam kehidupan manusia. Sedangkan sumber produksi adalah tanah, bahan-bahan mentah dari perut bumi, sumber air (air alami), kekayaan alam yang lain. Jadi betapa pentingnya peranan produksi dalam kehidupan manusia, yaitu: Guna memenuhi kebutuhan dasar seluruh anggota masyarakat, Islam mewajibkan masyarakat untuk memproduksi komoditas dalam jumlah yang cukup demi memenuhi kebutuhan tersebut secara memadai sehingga setiap individu bisa memenuhi kebutuhan pokoknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Mr. Muhammad Arif
Date Deposited: 07 Sep 2017 04:52
Last Modified: 07 Sep 2017 04:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11156

Actions (login required)

View Item View Item