UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 PEKANBARU MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN HIGHER ORDER THINKING (HOT) DENGAN PEMBERIAN TUGAS MIND MAP (PETA PIKIRAN)

Sony Desviana, (2010) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 PEKANBARU MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN HIGHER ORDER THINKING (HOT) DENGAN PEMBERIAN TUGAS MIND MAP (PETA PIKIRAN). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
2010_201075PMT.pdf

Download (429kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Pekanbaru, melalui penerapan strategi pembelajaran Higher Order Thinking (HOT) dengan pemberian tugas Mind Map (Peta Pikiran). Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah melalui penerapan strategi pembelajaran Higher Order Thinking (HOT) dengan pemberian tugas Mind Map (Peta Pikiran) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII4 SMP Negeri 7 Pekanbaru?”. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dimana peneliti berperan langsung dalam proses pembelajaran yaitu sebagai guru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII4 SMP Negeri 7 Pekanbaru yang berjumlah 37 orang terdiri dari 16 orang laki-laki dan 21 orang perempuan. Sedangkan pokok bahasan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Dalam PTK ini, terlihat bahwa melalui penerapan strategi pembelajaran HOT dengan pemberian tugas Mind Map terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik. Dimana setelah dilakukan penelitian sebanyak 3 siklus diperoleh hasil yaitu dari 37 peserta didik yang menjadi subjek dalam penelitian ini 29 orang telah tuntas dan hanya 8 orang yang tidak tuntas. Hal ini terlihat dari hasil belajar yang telah mencapai KKM yang ditentukan oleh sekolah yakni 60%. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan lembar pengamatan dalam setiap pertemuan yang menerapkan strategi pembelajaran HOT dengan pemberian tugas Mind Map. Dalam pengumpulan data ini penulis dibantu oleh 1 orang guru bidang studi matematika yang sekaligus bertindak sebagai pengamat. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah dari tes hasil belajar yang dilakukan sebanyak 4 kali dengan rincian 1 kali tanpa penerapan dan 3 kali melalui penerapan strategi pembelajaran HOT dengan pemberian tugas mind map. Dengan menggunakan analisis deskriptif diperoleh hasil yang membuktikan bahwa melalui penerapan strategi pembelajaran HOT dengan pemberian tugas Mind Map dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII4 SMP Negeri 7 Pekanbaru secara klasikal sebesar 37,84%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 07 Sep 2017 04:08
Last Modified: 07 Sep 2017 04:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11154

Actions (login required)

View Item View Item