PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) KELAS X-1 MAN 1 PEKANBARU

Hayatun Nupus, (2010) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) KELAS X-1 MAN 1 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201066PMT.pdf

Download (579kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui penerapan Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Pendekatan Problem Based Learning (PBL) Kelas X-1 MAN 1 Pekanbaru. Di mana penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas, yaitu suatu penelitian praktis yang bertujuan untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan dalam pembelajaran di kelas, salah satunya yaitu meningkatkan hasil belajar matematika siswa dan menyamaratakan kemampuan siswa di kelas, dengan cara melakukan tindakan-tindakan tertentu agar dapat memperbaiki dan meningkatkan praktik-praktik pembelajaran di kelas secara lebih professional. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-1 MAN 1 Pekanbaru pada semester genap tahun ajaran 2008/2009. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi yang dilakukan oleh guru bidang studi Matematika. Observasi dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan dengan 3 kali tindakan dengan menerapkan Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Pendekatan Problem Based Learning (PBL). Dokumentasi dilakukan untuk mengetahui keadaan sekolah, guru dan siswa. Data tentang hasil belajar siswa diperoleh melalui lembar tes hasil belajar matematika siswa sebelum tindakan dan sesudah tindakan. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes “t” untuk sampel yang berkorelasi. Analisis dilakukan dengan menggunakan program SPSS for windows versi 16. Dari analisis data yang dilakukan mengenai penerapan Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Pendekatan Problem Based Learning (PBL) diperoleh nilai to = 8.890, yang berarti lebih besar dari harga tt (to>tt ) baik pada taraf signifikan 1% maupun 5% yaitu (8.890>2.40 dan 8.890>2.75). Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar matematika melalui penerapan Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Pendekatan Problem Based Learning (PBL) Kelas X-1 MAN 1 Pekanbaru. Ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa yaitu pada pertemuan sebelum tindakan rata-ratanya 58.9, sedangkan rata-rata setelah penerapan Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Pendekatan Problem Based Learning (PBL) adalah 64.88 pada siklus I, 70.00 pada siklus II, dan 75.00 pada siklus III.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 07 Sep 2017 04:04
Last Modified: 07 Sep 2017 04:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11153

Actions (login required)

View Item View Item