PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIIB SMP NEGERI 5 BANTAN TUA KECAMATAN BANTAN KABUPATEN BENGKALIS

Winaldi, (2010) PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIIB SMP NEGERI 5 BANTAN TUA KECAMATAN BANTAN KABUPATEN BENGKALIS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201032PMT.pdf

Download (784kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan motivasi belajar matematika siswa kelas VIIB SMP Negeri 5 Bantan Tua Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis setelah diterapkan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas VIIB SMP Negeri 5 Bantan Tua Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis pada pokok bahasan Himpunan?” Di dalam penelitian tindakan kelas ini, Subjeknya adalah 33 orang siswa SMP Negeri 5 Bantan Tua Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis dan yang menjadi objeknya adalah penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa. Teknik yang dilakukan untuk memperoleh data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan lembar observasi belajar matematika yang dilakukan setiap kali pertemuan. Hal ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan motivasi dalam belajar matematika. Data yang diperoleh melalui observasi ini kemudian diolah sehingga didapatkan hasil mengenai perbandingan antara sebelum dan sesudah tindakan. Berdasarkan hasil analisis data dari perbandingan tersebut, maka dapat ditarik kesimpulan yaitu terjadi peningkatan motivasi belajar matematika siswa kelas VIIB SMP Negeri 5 Bantan Tua Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis melalui penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 07 Sep 2017 04:01
Last Modified: 07 Sep 2017 04:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11152

Actions (login required)

View Item View Item