AKTIVITAS HUMAS PT. JASA RAHARJA AKTIVITAS HUMAS PT. JASA RAHARJACABANG PEKANBARU DALAM MEMBENTUK CITRA POSITIF PEKANBARU DALAM MEMBENTUK CITRA POSITIF PERUSAHAAN

Ana Yuliawati, (2010) AKTIVITAS HUMAS PT. JASA RAHARJA AKTIVITAS HUMAS PT. JASA RAHARJACABANG PEKANBARU DALAM MEMBENTUK CITRA POSITIF PEKANBARU DALAM MEMBENTUK CITRA POSITIF PERUSAHAAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201034KOM.pdf

Download (450kB) | Preview

Abstract

PT. Jasa Raharja adalah sebuah badan usaha milik negara (BUMN) yang bergerak di bidang asuransi sosial yang berdiri di bawah naungan Departemen Keuangan yang ditunjuk pemerintah untuk melaksanakan Undang-Undang No.33 tahun 1964 tentang dana pertanggungan wajib kecelakaan penumpang dan Undang- Undang No.34 tahun 1964 tentang dana kecelakaan lalu lintas jalan. Fenomena yang terjadi di lapangan sejak diberlakukannya Undang-Undang tersebut bannyak masyarakat yang belum mengetahui tentang hak dan kewajiban mereka. Minimnya pengetahuan masyarakat mengenai tugas dan fungsi pokok Jasa Raharja serta beredarnya isu tentang susahnya pengurusan santunan mengakibatkan citra PT. Jasa Raharja negatif dimata masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas Humas PT. Jasa Raharja Cabang Pekanbaru dalam membentuk citra positif perusahaan, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam melaksanakan aktivitas humas dalam membentuk citra positif perusahaan. Penelitian ini mengunakan metode deskriftif kualitatif dengan mengambarkan secara mendalam tentang situasi atau proses yang diteliti dan pengumpulan data berdasarkan kenyataan yang ada dilapangan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemilihan subjek dilakukan secara purposiv sampling yang terdiri dari 3 (tiga) orang subjek, yakni 1 orang Kasubag Humas PT. Jasa raharja Cabang Pekanbaru yang merupakan informan kunci (key informan), Kepala Cabang dan Arjun Arsiparis PT. Jasa Raharja Cabang Pekanbaru.teknik analisis data mengunakan model analisis interaktif yang terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa, Humas PT. Jasa Raharja Cabang Pekanbaru sudah melakukan aktivitas-aktivitas yang bertujuan untuk membentuk citra positif perusahaan kepada masyarakat. Kegiatan tersebut dilakukan secara terus menerus walaupun frekuensinya masih kurang. Aktivitas dilakukan dalam berbagai bentuk, baik komunikasi secara langsung dimana humas memberikan sosialisasi di sekolah-sekolah, penyuluhan dengan instansi terkait maupun melalui media. Media yang digunakan adalah media cetak dan elektronik. Aktivitas lainnya yaitu mengadakan dialog interaktif yang disiarkan oleh RTV dan RRI serta membuka layanan informasi melalui sms center Jasa Raharja, dan membuka website Jasa Raharja. Tersedianya sarana dan prasarana serta kerjasama dengan instansi terkait merupakan faktor pendukung aktivitas humas, namun sedikitnya jumlah pegawai humas dan barunya keberadaan humas menjadi faktor penghambat dalam melaksanakan aktivitas humas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 06 Sep 2017 13:08
Last Modified: 06 Sep 2017 13:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11138

Actions (login required)

View Item View Item