Atika Faza (2010) IMPLEMENTASI MARKETING PUBLIC RELATION (MPR) ESQ LEADERSHIP CENTRE CABANG RIAU DALAM MEREKRUT PESERTA TRAINING. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2010_201033KOM.pdf Download (652kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini yang utama bertujuan untuk memahami Implementasi Marketing Public Relation (MPR) ESQ Leadership Centre cabang Riau dengan cara mendeskrkipsikan tentang komunikasi pemasaran yang dilakukan dan hubungannya dalam merekrut peserta training dan mengetahui faktor yang mempengaruhi Implementasi Marketing Public Relation yang dilakukan oleh ESQ Leadership Centre Cabang Riau dalam Merekrut Peserta Training. Dan latar belakang penulis mengampil judul penelitian ini adalah dikarenakan ESQ mengalami kemunduran jumlah peserta training yang dikarenakan oleh beberapa faktor pada tahun belakangan ini. Populasi atau sumber informasi yang dipilih dalam penelitian ini terdiri atas dua kelompok. Kelompok pertama adalah kelompok internal, yang terdiri atas satu kepala cabang dan tiga (manajer divisi marketing, telemarketing, customer service) orang pegawai pengawasan dalam lembaga training ESQ Leadership Centre Cabang Riau. Sedangkan kelompok yang kedua adalah alumni peserta training ESQ berjumlah 25 orang yang terlibat dalam kegiatan Marketing Public Relation. Sedangkan sampel yang dapat mewakili populasi sebagai responden adalah satu kepala cabang, tiga (manajer divisi marketing, telemarketing, customer service) orang pegawai pengawasan dalam lembaga training ESQ Leadership Centre Cabang Riau dan 5 orang alumni training profesional ESQ yang terlibat dalam kegiatan Marketing Public Relation. Untuk pengambilan sampel menggunakan metode Snowball Sampling Analisis ini penulis gunakan untuk menganalisis surat kabar dengan mengunakan metode deskriptif kualitatif yaitu mengambarkan data pada apa adanya kemudian menganalisanya dengan kata-kata dan kalimat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Marketing Public Relation (Gaffar, 2007: 52 dan Ruslan, 2003: 234), yaitu: Membangun kepercayaan konsumen, Pers Relations, menekan biaya promosi iklan komersial, Customer Relations, Product Publicity, House PR Journal, berupaya secara proaktif dalam menghadapi suatu kejadian negatif yang mungkin akan muncul di masa mendatang, Corporate Communicaton dan Lobbying. Dan menggunakan teori Rekrutmen (Ensiklopedi, 2004: 141), yaitu: Walk-ins, pengiklanan, Agen- agen yang merekrut anggota baru, lembaga-lembaga pendidikan, nepotisme, Open House, Rekomendasi dari karyawan (employee Referrals Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, Implementai Marketing Public Relation ESQ LC Cabang Riau sudah cukup bagus namun masih ada kelemahan pada bagian publikasi yang berkaitan dengan peningkatan peserta training sehingga ESQ belum dikenal lebih dalam oleh masyarakat. Kesimpulan akhir dari penelitian ini adalah peranan Marketing Public Relation dalam merekrut peserta training belum diimplementasikan secara maksimal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | eva sartika |
Date Deposited: | 06 Sep 2017 13:05 |
Last Modified: | 06 Sep 2017 13:05 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11137 |
Actions (login required)
View Item |