IMPLIKASI PEMBIAYAAN MUSYARAKAH TERHADAP NASABAH MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM PADA PT BANK MUAMALAT INDONESIA Tbk CABANG PEKANBARU.

Riko Antoni, (2010) IMPLIKASI PEMBIAYAAN MUSYARAKAH TERHADAP NASABAH MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM PADA PT BANK MUAMALAT INDONESIA Tbk CABANG PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201036EI.pdf

Download (366kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Implikasi Pembiayaan Musyarakah Terhadap Nasabah Menurut Perspektif Ekonomi Islam Pada PT Bank Muamalat Indonesia Tbk Cabang Pekanbaru” Permasalahan dalam penelitian ini ialah, pertama, bagaimana pembiayaan musyarakah pada Bank Muamalat cabang Pekanbaru. Kedua, apa saja kendala dalam pembiayaan musyarakah. Ketiga, bagaimana implikasi pembiayaan musyarakah terhadap Nasabah Pada PT Bank Muamalat Indonesia Tbk Cabang Pekanbaru. Keempat Analisa Hukum Islam Tentang Implikasi Pembiayaan Musyarakah Terhadap Nasabah. Adapun kegunaan dari penelitian ini ialah untuk menambah wawasan dan ilmu pengatahuan serta intelaktual dalam bidang Perbankan Syari’ah khususnya tentang pembiayaan musyarakah. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini ialah dengan cara : Observasi, Wawancara, dan Dokumen. Dengan teknik pengumpulan data tersebut setelah penulis dapatkan data yang dibutuhkan, kemudian dianalisa dengan teknik Diskriptif Kualitatif, ialah menganalisa data dengan cara mengklasipikasikan data-data berdasarkan katagori-katagori atas dasar persamaan jenis dengan data tersebut kemudian diuraikan sehingga diperoleh gambaran yang utuh tentang masalah yang diteliti. Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pembiayaan musyarakah yang disalurkan Bank Muamalat Indonesia Cabang Pekanbaru tidak berbelit-belit dan sesuai prosedur. Pembiayaan musyarakah disalurkan dalam bentuk usaha perternakan, rumah bersalin, budi daya ikan, dan perdagangan. Kendala yang terjadi dalam pembiayaan musyarakah antara lain menentukan usaha yang cocok untuk disyirkahkan dan sesuai dengan program bank yang tersedia, sehingga proses kerja dan pengawasan yang perlu lebih ekstra dalam pelaksanaan pembiayaan musyarakah dibandingkan dengan murabahah Dari pembiayaan musyarakah yang disalurkan Bank Muamalat Indonesia cabang Pekanbaru mendapat nilai positif bagi pertumbuhan ekonomi nasabah karena dengan pembiayaan musyarakah mereka bisa menikmati perkembangan usaha yang mereka jalani. Kemudian dengan memperhatikan tentang implikasi pembiayaan musyarakah terahadap nasabah dimana dengan pembiayaan musyarakah yang didapatkan di Bank Muamalat sangat membantu pertumbuhan ekonomi nasabah sehingga perekonomian masyarakat menjadi kuat sebagaiman perintah Allah dan Rasulnya jaganlan kamu meninggalkan kaum yang lemah baik lemah mental, pisik, ekonomi, apalagi aqidah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Mr. Muhammad Arif
Date Deposited: 06 Sep 2017 03:40
Last Modified: 06 Sep 2017 03:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11130

Actions (login required)

View Item View Item