FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT NASABAH PADA KREDIT KREASI DI PERUM PEGADAIAN CABANG PEKANBARU KOTA

Nur Amanah, (2010) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT NASABAH PADA KREDIT KREASI DI PERUM PEGADAIAN CABANG PEKANBARU KOTA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201034EI.pdf

Download (271kB) | Preview

Abstract

Skirpsi ini berjudul Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Pada Kredit Kreasi Pada Perum Pegadaian Cabang Pekanbaru Kota. Adapun masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimana cara pelaksanaan Kredit Kreasi,faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah dan perspektif ekonomi Islam. Hal ini perlu diteliti karena penyaluran kredit kreasi sangat membantu pengusaha mikro kecil dalam memperoleh modal untuk mengembangkan usahanya, namun kredit pengusaha mikro dan kecil ini diberikan oleh Perum Pegadaian cabang pekanbaru Kota berdasarkan prinsip konvensional dalam pengembalian kredit yang disalurkan menggunakan tingkat suku bunga tertentu. Penelitian ini adalah penelitian dilapangan yang dilakukan di Perum Pegadaian cabang Pekanbaru Kota, Sumber data yang penulis gunakan adalah sumber data primer yaitu data yang langsung diperoleh dari pimpinan karyawan dan nasabah Perum Pegadaian Cabang Pekanbaru Kota. Data Sekunder yaitu data yang diperoleh dari referensi-referensi atau literature yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui Pelaksanaan Kredit Kreasi pada Perum Pegadaian Cabang Pekanbaru Kota,untuk mengetahui Faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah dan mengetahui Perspektif ekonomi Islam. Dengan metode pengumpulan data secara Observasi, Wawancara, angket dan Dokumentasi.Setelah data terkumpul penulis melakukan analisa data dengan menggunakan metode kualitatif dengan penulisan Diskriptif dan Induktif. Setelah penelitian ini dilakukan dan dianalisa, maka dapat deketahui ada beberapa faktor yang mempengaruhi minat nasabah terhadap kredit kreasi diantaranya: Jaminan pada Kredit Kreasi hanya difokuskan pada kendaraan roda 4 dan roda 2,sehingga masyarakat sulit untuk mengajukan kredit Kreasi di Perum Pegadaian karena adanya penetapan jaminan tersebut, kurangnya tenaga khusus untuk memasarkan dan mempromosikan produk Kreasi, sehingga masyarakat kurang mengetahui keberadaan kredit kreasi diperum pegadaian cabang pekanbaru Kota dan Adanya penetapan jenis usaha yang dibiayai kredit kreasi sehingga masyarakat merasa keberatan dengan ketentuan tersebut sehingga masyarat lebih memilih pengajukan kredit lain yang ada diperum Pegadaian.sehingga nasabah pada kredit kreasi tidak begitu banyak dibandingkan dengan produk yang lain diperum pegadaian. dalam pemasarannya perum pegadaian mengenalkan produknya dengan Transparan tampa melebih-lebihkan baik segi kualitas dan kuantitasnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Mr. Muhammad Arif
Date Deposited: 06 Sep 2017 03:19
Last Modified: 06 Sep 2017 03:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11128

Actions (login required)

View Item View Item