PEMIKIRAN AFZALURRAHMAN TENTANG KONSEP DISTRIBUSI KEKAYAAN

Adna Yunita, (2010) PEMIKIRAN AFZALURRAHMAN TENTANG KONSEP DISTRIBUSI KEKAYAAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201028EI.pdf

Download (497kB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul “ PEMIKIRAN AFZALURRAHMAN TENTANG KONSEP DISTRIBUSI KEKAYAAN “. Kesenjangan pendapatan dan kekayaan alam yang ada dalam masyarakat berlawanan dengan semangat serta komitmen Islam terhadap persaudaraan dan keadilan sosial ekonomi. Kesenjangan harus di atasi dengan menggunakan cara yang ditekankan Islam yaitu dengan cara menghapus monopoli, kecuali oleh pemeritah, untuk bidang-bidang tertentu dan memjamin hak dan kesempatan semua pihak untuk aktif dalam proses ekonomi. Pokok permasalahan yang dikaji adalah bagai mana pemikiran Afzalurrahman tentang konsep distribusu kekayaan dan bagai mana mekanisme distribusi kekayaan menurut Afzalurrahman . Sedangkan tujuan dan kegunaan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemikiran Afzalurrahman tentang konsep distribusi kekayaan dan mekanisme distribusi kekayaan menurut Afzalurrahman. Metode yang penulis gunakan adalah studi kepustakaan (library research), sebagai bahan primer tulisan ini adalah karya-karya yang dikarang oleh Afzalurrahman tentang doktrin ekonomi Islam, dan buku lain yang berkaitan dengan permasalahan yang dibahas. Dalam pengumpulan data langkah yang di ambil mencari literatur yang ada hubungannya dengan pokok permasalahan. Dalam analisa data penulis menggunakan metode Deskriptif dan Analitik. Dalam metode penulisan peneliti ini menggunakan metode Deduktif dan Induktif Setelah penulis menkaji dan menelaah pemikiran Afzalurrahman tentang konsep distribusi kekayaan, penulis melihat bahwa dalam distribusi kekayaan bahwasanya semua suber-sumber penghidupan yang telah di ciptakan Allah di muka bumu ini dimaksudkan memenuhi semua kebutuhan tinggal kita mendistribusikannya dengan baik dan benar. Mekanisme distribusi menurut Afzalurrahman yaitu hukum waris , zakat, dan pajak. Hukum waris bagi seorang muslim merupakan alat penimbang yang sangat kuat dan efektif untuk mencegah pengumpulan kekayaan dan pengembangannya dalam kelompok-kelompok yang besar dalam masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Mr. Muhammad Arif
Date Deposited: 06 Sep 2017 03:12
Last Modified: 06 Sep 2017 03:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11126

Actions (login required)

View Item View Item