SISTEMATIKA PROSES PEMASANGAN IKLAN DI HARIAN RIAU POS PEKANBARU (Suatu Studi Kasus)

Erna Linda, (2010) SISTEMATIKA PROSES PEMASANGAN IKLAN DI HARIAN RIAU POS PEKANBARU (Suatu Studi Kasus). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201024KOM.pdf

Download (314kB) | Preview

Abstract

Di zaman industrialisasi seperti sekarang ini, perkembangan iklan semakin meningkat bahkan pengaruh iklan bagi barang-barang konsumsi tertentu telah mengakibatkan diproduksinya barang-barang itu secara massal. Masyarakat secara tidak sadar meningkatkan permintaan yang lebih banyak lagi terhadap barang- barang yang di iklankan itu. Periklananpun berkembang pesat, dimulai munculnya biro iklan (agen periklanan). Iklan merupakan makhluk yang ada di segala tempat artinya dapat terlihat, terdengar dan tertonton dimana saja. Iklan sering dijuluki bersifat materialistis (mengakibatkan orang tergantung kepada benda). Iklan biasa mempengaruhi sikap orang menjadi dinamik memiliki daya pikat dan kadang-kadang menjengkelkan. Namun anehnya iklan tetap dibutuhkan oleh para penguasa (pengiklan), pemilik media, biro iklan maupun masyarakat Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana sistematika pemasangan iklan di Media Harian Riau Pos Pekanbaru, yang tergambar melaui proses awal bagaimana sebuah iklan didapat sampai pada tahapan percetakan iklan pada media masa. Serta untuk mengetahui factor- factor yang mempengaruhi kebijakan pada iklan Media Harian Riau Pos Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan data primer yang diambil dengan menyebarkan wawancara kepada 8 responden pada bagian Biro Iklan Media Harian Riau Pos Pekanbaru. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Dari hasil analisis yang peneliti lakukan dapat dilihat bahwa sistematika pemasangan iklan di Media Harian Riau Pos Pekanbaru, yang tergambar melalui proses awal bagaimana sebuah iklan didapat dijumpai pada tahapan percetakan iklan pada media masa sebagai berikut : Pertama, dari counter-counter iklan/biro iklan, bahan mentah iklan didapat yaitu dari pelanggan mendatangi counter/biro iklan untuk memasang iklannya. Kedua, setelah iklan didapat lalu didesain/layout sesuai dengan keinginan pelanggan. Ketiga, setelah desain iklan selesai di serahkan ke Pracetak untuk di lihat kembali untuk menghindari kesalahan- kesalahan yang timbul serta apakah iklan sudah layak atau belum untuk diterbitkan/dicetak. Keempat, dari pracetak diserahkan ke percetakan untuk dicetak bersamaan dengan berita berupa Koran. Adapun factor yang mempengaruhi kebijakan iklan di Surat Kabar Riau Pos adalah : Pertama, Target keuntungan perusahaan yaitu target peningkatan mutu dan kesejahteraan karyawan Riau Pos, Kedua, Kesetabilan ekonomi nasional maupun global. Ketiga, Kemampuan perusahaan maupun masyarakat dalam memasang iklan. Keempat, Penambahan pegawai perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 05 Sep 2017 13:07
Last Modified: 05 Sep 2017 13:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11119

Actions (login required)

View Item View Item