FUNGSI PROGRAM KOMUNIKASI INFORMASI DAN EDUKASI (KIE) DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP PROGRAM KELUARGA BERENCANA (Studi Kasus Di RW 5 Kelurahan Tuah Karya Kecamatan Tampan Pekanbaru)

Duwi Sihani, (2010) FUNGSI PROGRAM KOMUNIKASI INFORMASI DAN EDUKASI (KIE) DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP PROGRAM KELUARGA BERENCANA (Studi Kasus Di RW 5 Kelurahan Tuah Karya Kecamatan Tampan Pekanbaru). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201019KOM.pdf

Download (448kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana fungsi Program Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) dalam meningkatkan partisipasi masyarakat terhadap Program Keluarga Berencana dan bagaimana hubungan demografi dengan partisipasi masyarakat terhadap Program Keluarga Berencana di RW 5 Kelurahan Tuah Karya Kecamatan Tampan Pekanbaru. Teori dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Teori Divusi Iniovasi yang dikembangkan oleh model Roger dan Soemaker, dengan tujuh tugas utama agen perubahan dalam melaksanakan divusi inovasi kepada masyarakat. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriftif kuantitatif dengan menggunakan koefisien korelasi produk moment yang diolah dengan program SPSS. Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah ibu-ibu yang mengikuti KB di RW 5. Data tersebut diperoleh dari data penduduk di kantor Kelurahan Tuah Karya akhir Juni tahun 2009 yaitu 702 orang. Lalu diambil 10 % dari jumlah ibu-ibu di RW 5 dan diperoleh sampel 71 orang. Teknik penyebaran angket dengan menggunakan teknik porposif random sampling. Maka diperoleh nilai 0,008, hasil nilai signifikan dengan nilai proboliti < 0,05. Sedangkan hubungan demografi masyarakat dengan partisipasi yiatu umur berhubungan signifikan dengan peningkatan partisipasi, penghasilan berhubungan sinifikan dengan peningkatan partisipasi, pekerjaan berhubungan negatif signifikan dengan peningkatan komunikasi dan pendidikan berhubungan signifikan dengan kerjasama dalam KB. Jadi dapat disimpulkan bahwa fungsi KIE dalam meningkatkan partisipasi masyarakat adalah signifikan (berkaitan erat), artinya berfungsi kuat dan hubungan demografi masyarakat dengan parisipasi memiliki hubungan yang signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 05 Sep 2017 12:53
Last Modified: 05 Sep 2017 12:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11115

Actions (login required)

View Item View Item