HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL KELUARGA TERHADAP PERILAKU REMAJA DI DUSUN SAHATA KECAMATAN RAMBAH KABUPATEN ROKAN HULU

Ana Sari, (2010) HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL KELUARGA TERHADAP PERILAKU REMAJA DI DUSUN SAHATA KECAMATAN RAMBAH KABUPATEN ROKAN HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010133KOM.pdf

Download (329kB) | Preview

Abstract

Dewasa ini banyak sekali keluarga yang mengalami masalah, mulai dari kurang harmonis dalam keluarga sampai mengalami broken home,hal tersebut dapat menimbulkan efek yang kurang baik bagi anak-anak remaja mereka. Salah satu penyebabnya adalah komunikasi interpersonal dalam keluarga yang tidak efektif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan komunikasi interpersonal keluarga terhadap perilaku remaja di Dusun Sahata Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu. Sedangkan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya hubungan komunikasi interpersonal keluarga terhadap perilaku remaja di Dusun Sahata Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu. Teori yang di gunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi interpersonal. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah keseluruhan remaja dan orang tua yang tinggal di Dusun Sahata Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu yang berjumlah 68 keluarga, terdiri dari 68 orang tua dan 68 anak remaja yang berarti semuanya berjumlah 136 orang. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan kuesioner yang disebar kepada responden yang telah ditetapkan menjadi populasi dan sampel. Teknik analisis data yang digunakan adalah Koefisien Determinasi, Uji t, dan Korelasi Product Moment dengan rumus sebagai berikut: r = ( )( ) { } ∑ ∑( ) { } ∑ ∑( ) ∑ ∑ ∑ − × − − 2 2 2 2 n X X n Y Y n XY X Y Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal dalam keluarga terhadap perilaku remaja di Dusun Sahata Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu memiliki korelasi sebesar 0,81 dengan persentase besarnya hubungan yaitu sebesar 66%. Hasil yang telah didapat ini menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal dalam keluarga terhadap perilaku remaja di Dusun Sahata Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu berada dalam level tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 05 Sep 2017 10:29
Last Modified: 05 Sep 2017 10:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11108

Actions (login required)

View Item View Item