Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS KERUSAKAN MESIN PRODUKSI MINYAK KELAPA SAWIT PADA PT. GANDA BUANINDO (GBI) KECAMATAN KAMPAR KIRI KABUPATEN KAMPAR

Zulpatli (2010) ANALISIS KERUSAKAN MESIN PRODUKSI MINYAK KELAPA SAWIT PADA PT. GANDA BUANINDO (GBI) KECAMATAN KAMPAR KIRI KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201057MEN.pdf

Download (450kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di PT. Ganda Buanindo (GBI) Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa yang mempengaruhi kerusakan mesin produksi, dan juga untuk mengetahui kebijaksanaan yang telah dijalankan perusahaan dalam kegiatan pemeliharaan (maintenance) mesin produksi pada PT. Ganda Buanindo (GBI) Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar. Metode penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, dengan menggunakan alat pengumpul data berupa kuisioner dan wawancara. Analisis data yang penulis gunakan bersifat deskriptif, yakni membahas permasalahan yang terjadi pada perusahaan dengan menggunakan teori yang relevan dan tepat, selanjutnya diambil suatu kesimpulan. Adapun permasalan yang terjadi pada perusahaan ini adalah tingginya tingkat kerusakan mesin selama lima tahun terakhir. Hal ini disebabkan oleh faktor keahlian tenaga kerja, kapasitas mesin produksi, perencanaan pemeliharaan mesin produksi, dan pengawasan kegiatan pemeliharaan mesin produksi. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa faktor penyebab terjadinya kerusakan mesin produksi selama lima tahun terakhir pada PT. Ganda Buanindo (GBI) Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar diantaranya kegiatan pemeliharaan yang belum dijalankan secara optimal, pengoperasian jam kerja mesin yang melebihi standar, karyawan yang ada diperusahaan belum mempunyai rasa memiliki terhadap mesin-mesin pabrik. Untuk mengatasi masalah tersebut perusahaan hendaknya mengikuti prosedur pengecekan dan pemeliharaan yang telah dijadwalkan, memberikan pelatihan-pelatihan khusus terutama bagi karyawan bagian pemeliharaan, memperhatikan pemakaian jam kerja mesin produksi agar tidak melebihi jam kerja standar, agar lebih meningkatkan pengawasan yang disertai dengan memberikan motivasi pada karyawan agar mereka mempunyai rasa memiliki dan tanggung jawab terhadap mesin-mesin yang ada di perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 658 Manajemen Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Manajemen
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 05 Sep 2017 07:12
Last Modified: 05 Sep 2017 07:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11102

Actions (login required)

View Item View Item