Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENINGKATAN MINAT BELAJAR MENULIS KARANGAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI PENERAPAN METODE DISCOVERY INQUIRY PADA SISWA KELAS IV MI NURUL HUDA KOTA BARU KECAMATAN KERITANG

Syarifah Aini (2013) PENINGKATAN MINAT BELAJAR MENULIS KARANGAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI PENERAPAN METODE DISCOVERY INQUIRY PADA SISWA KELAS IV MI NURUL HUDA KOTA BARU KECAMATAN KERITANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013180PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar menulis karangan siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Hal ini terlihat berdasarkan gejala-gejala sebagai berikut: siswa masuk kelas tidak tepat pada waktunya, perlengkapan belajar siswa kurang lengkap, siswa masih ada yang mengantuk dan siswa tidak mengerjakan tugas yang telah diberikan oleh guru. Berdasarkan latar belakang masalah yang dipaparkan, maka rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Bagaimanakah peningkatan minat belajar menulis karangan melalui penerapan metode Discovery Inquiry pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV MI Nurul Huda Kota Baru Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir?” Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu guru yang berperan langsung dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa MI Nurul Huda Kota Baru Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir semester II tahun pelajaran 2011/2012. Jumlah siswa yang menjadi subyek penelitian adalah 23 orang, terdiri dari 14 orang siswa laki-laki dan 9 orang siswa perempuan. Sedangkan obyek dalam penelitian ini adalah penerapan metode Discovery Inquiry untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran menulis karangan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata persentase terhadap minat belajar siswa sebelum tindakan mencapai 49% kategori “Rendah”, Setelah dilakukan tindakan pada siklus I melalui penerapan metode Discovery Inquiry, minat siswa meningkat menjadi 64% kategori “Sedang”. Adapun setelah dilakukan perbaikan pada siklus II minat belajar menulis karangan siswa meningkat kembali menjadi 77% kategori “Baik Sekali” Artinya ada peningkatan minat belajar menulis karangan mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas IV MI Nurul Huda Kota Baru Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ari Eka Wahyudi
Date Deposited: 23 Dec 2015 02:09
Last Modified: 23 Dec 2015 02:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/111

Actions (login required)

View Item View Item