ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TUNGGAKAN CICILAN KREDIT PADA UNIT SIMPAN-PINJAM KOPERASI UNIT DESA (KUD) KUSUMA BAKTI DESA SIALANG KUBANG, KECAMATAN PERHENTIAN RAJA, KABUPATEN KAMPAR

Efa Eko Tyawarman, (2010) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TUNGGAKAN CICILAN KREDIT PADA UNIT SIMPAN-PINJAM KOPERASI UNIT DESA (KUD) KUSUMA BAKTI DESA SIALANG KUBANG, KECAMATAN PERHENTIAN RAJA, KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201047MEN.pdf

Download (355kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada Koperasi Unit Desa (KUD) Kusuma Bakti Desa Sialang Kubang, Kecamatan Perhentian Raja Kabupaten Kampar yang berlangsung pada tanggal 20 Maret 2009 hingga selesai. Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui faktor-faktor apakah yang menyebabkan tunggakan cicilan serta Sebagai upaya untuk mencarikan solusi yang tepat dalam mengatasi tunggakan cicilan pada Unit Simpan-Pinjam Koperasi Unit Desa (KUD) Kusuma Bakti Desa Sialang Kubang, Kecamatan Perhentian Raja, Kabupaten Kampar. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “diduga faktor-faktor yang menyebabkan kredit macet pada Unit Simpan-Pinjam Koperasi Unit Desa (KUD) Kusuma Bakti Desa Sialang Kubang, Kecamatan Perhentian Raja, Kabupaten Kampar adalah karena kesalahan Unit Simpan Pinjam dan kesalahan nasabah. Sumber data dalam penelitian ini adalah data data primer dan skunder yang diperoleh dari anggota dan pengurus Koperasi Unit Desa (KUD) Kusuma Bakti yang dilakukan dengan cara wawancara menggunakan kuesioner terhadap 88 orang konsumen. Analisis data yang digunakan adalah metode Regresi linier berganda, yang didasarkan pada hubungan fungsional ataupun klausal suatu dua atau lebih variabel Independen dengan Variabel Dependen. Dalam analisi ini didapatkan Model Regresi linier berganda Y = 0,347 + 0,471X1 + 0,171X2 + e. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa variabel kesalahan unit (X1) dan kesalahan nasabah (X2) berpengaruh terhadap tunggakan cicilan kredit pada Unit Simpan-Pinjam Koperasi Unit Desa (KUD). Hal ini dapat dilihat dan dibuktikan dari nilai korelasi (R) yang diperoleh sebesar 0,653 atau 65,3 %. Begitu juga dengan hasil R square sebesar 0,426, ini berarti pengaruh variabel kesalahan unit (X1) dan kesalahan nasabah (X2) sebesar 42,6% terhadap tunggakan cicilan kredit Unit Simpan-Pinjam Koperasi Unit Desa (KUD) Kusuma Bakti Desa Sialang Kubang. Sedangkan sisanya 57,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 658 Manajemen Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Manajemen
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 05 Sep 2017 07:07
Last Modified: 05 Sep 2017 07:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11098

Actions (login required)

View Item View Item