Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP PENINGKATAN NASABAH TABUNGAN SHAR-E PADA PT. BANK MUAMALAT INDONESIA CABANG PEKANBARU

Yusrul (2010) PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP PENINGKATAN NASABAH TABUNGAN SHAR-E PADA PT. BANK MUAMALAT INDONESIA CABANG PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201045MEN.pdf

Download (532kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari sampai Oktober 2009, bertempat di PT. Bank Muamalat Indonesia Cabang Pekanbaru yang berlokasi dijalan Jend. Sudirman Pekanbaru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh marketing mix terhadap peningkatan nasabah tabungan shar-e pada PT. Bank Muamalat Indonesia Cabang Pekanbaru. Variabel yang diambil penelitian ini adalah produk, harga,promosi, distribusi, orang, proses dan fisik. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah yang menabung pada PT. Bank Muamalat Indonesia Cabang Pekanbaru yang berjumlah 43.770 orang. Sampel yang diambil sebagai responden sebanyak 100 orang (berdasarkan rumus Slovin. Dalam menganalisis data yang dikumpulkan digunakan metode regresi linier berganda, hasil analisis tersebut akan dianalisis dengan mengunakan bantuan program computer SPSS. Berdasarkan hasil program SPSS uji F menunjukkan bahwa nilai Sig. Hitung 0,013 < nilai Sig 0,05 maka dapat dinyatakan bahwa hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima atau dapat dikatakan bahwa produk,harga,promosi,distribusi,orang,fisik dan proses secara bersama-sama berpengaruh terhadap Tabungan shar-e. Nilai koefisien Determinasi (R 2 ) sebesar 0,751 atau sebesar 75,10%, hal ini menunjukkan bahwa ketujuh variabel bebas (produk, harga, promosi, distribusi, orang, fisik, proses) secara bersama-sama mampu menjelaskan terhadap variabel terikatnya sebesar 75,10%, sedangkan sisanya 24,9% lagi (100-75,1) dapat diterangkan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil program SPSS uji T nilai Sig. produk sebesar 0,004 < Sig. 0,05. Nilai Sig. harga sebesar 0,011 < Sig. 0,05. Nilai Sig. promosi sebesar 0,012 < Sig. 0,05 . Nilai Sig. distribusi sebesar 0,014 < Sig. 0,05. Nilai Sig. orang sebesar 0,016 < Sig. 0,05. Nilai Sig fisik sebesar 0,018 < sig. 0,05. Nilai Sig proses sebesar 0,023 < Sig. 0,05. Dari ketujuh variabel tersebut hanya produk yang mempunyai nilai Sig lebih kecil dari keenam variabel lainnya hal ini menunjukan bahwa produk sangat berpengaruh terhadap Tabungan Shar-e.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 658 Manajemen Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Manajemen
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 05 Sep 2017 06:40
Last Modified: 05 Sep 2017 06:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11093

Actions (login required)

View Item View Item