ANALISIS PERSEPSI IKLAN OPERATOR SELULER DI TELEVISI DALAM PEMBENTUKAN BRAND AWARENESS (Studi Kasus: Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)

Jaenal Arifin, (2010) ANALISIS PERSEPSI IKLAN OPERATOR SELULER DI TELEVISI DALAM PEMBENTUKAN BRAND AWARENESS (Studi Kasus: Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201036MEN.pdf

Download (690kB) | Preview

Abstract

Periklanan merupakan salah satu bentuk khusus komunikasi untuk memenuhi fungsi pemasaran. periklanan harus mampu membujuk khalayak ramai agar berperilaku sedemikian rupa sesuai dengan strategi pemasaran perusahaan untuk mencetak penjualan dan keuntungan. Penelitian ini dilakukan pada Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim Riau yang meneliti beberapa Operator selluler yaitu: Telkomsel, Xl, Flexi, Indosat, Ceria, Axis, Esia, Three dengan beberapa Atribut yaitu: Tulisan, Gambar, fakta, Gaya hidup, Warna, Arti merek, Strategi iklan, Bintang iklan, Musikal, Pesan, Testimonial, Demonstrasi, dengan tujuan untuk. 1. Untuk mengetahui tingkat persaingan operator seluler dalam tayangan iklan televisi. 2. Untuk mengetahui perbedaan pada setiap iklan operator seluler berdasarkan persepsi pemirsa. 3. Untuk mengetahui posisi pemetaan brand awareness setiap operator seluler berdasarkan persepsi pemirsa. Persepsi merupakan suatu proses dimana seseorang melakukan proses seleksi, mengorganisasikan, dan menginterprestasikan stimulus kedalam gambaran dunia yang berarti dan menyeluruh. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa, letak posisi operator seluler Telkomsel yang berdekatan dengan XL, keadaan ini menunjukan bahwa ke dua operator tersebut berada dalam persaingan secara ketat. Adapun yang menunjukan tidak terdapat pebedaan yang signifikan yaitu: pesan, demonstrasi, musical, alur iklan, tulisan, fakta, bintang iklan, gaya hidup, testimonial, gambar, strategi iklan, dan arti merek. Letak posisi Esia yang berdekatan dengan Ceria, membuat kedua operator ini bersaing secara ketat. Adapun yang menunjukan tidak terdapat pebedaan yang signifikan yaitu: demonstrasi, alur iklan, musical, strategi iklan, testimonial, bintang iklan, dan warna. Letak posisi operator seluler Axis yang berdekatan dengan Three, keadaan ini menunjukan bahwa ke dua operator tersebut berada dalam persaingan secara ketat. Adapun yang menunjukan tidak terdapat pebedaan yang signifikan yaitu: gambar, merek, warna, testimonial, gaya hidup, musical, tulisan, dan fakta Untuk itu perlu di saran kan dalam meraih persaingan pada perang iklan yang bertujuan untuk meraih brand Awareness yaitu, Telkomsel, XL, dan Flexi harus hati-hati pada pesaingnya. Indosat, Three dan Axis juga harus lebih gencar dan memperbaiki atribut iklannya agar bisa bersaing menuju posisi yang lebih baik. Sedangkan Esia dan Ceria harus lebih teliti lagi dalam menampilkan iklan dalam segala aspek keseluruhan agar mendapat penilaian yang baik dari pemirsa televisi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 658 Manajemen Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Manajemen
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 05 Sep 2017 06:36
Last Modified: 05 Sep 2017 06:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11090

Actions (login required)

View Item View Item