ANALISIS PERSEPSI KONSUMEN MENGENAI BRAND EQUITY PADA PT. KENTUCKY FRIED CHICKEN (KFC) MAL CIPUTRA SERAYA PEKANBARU

Cokroyanta Damanik, (2010) ANALISIS PERSEPSI KONSUMEN MENGENAI BRAND EQUITY PADA PT. KENTUCKY FRIED CHICKEN (KFC) MAL CIPUTRA SERAYA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201033MEN.pdf

Download (411kB) | Preview

Abstract

Penelitian pada PT. Kentucky Fried Chicken (KFC) Mal Ciputra Seraya Pekanbaru adalah penelitian yang dilakukan untuk melihat sejauh mana persepsi konsumen mengenai pembentukkan ekuitas merek dari unsure pembentuknya (brand loyalty, brand awareness, perceived quality, dan brand association) berdasarkan pada fakta-fakta/data yang didapat di lapangan pada saat penelitian. Dengan menggunakan pendiskripsian (dalam bentuk persen) maka akan dapat diketahui berbagai tanggapan responden tentang merek pada delapan produk yang diteliti, dengan tujuan untuk mengetahui persepsi manakah yang diinginkan konsumen dalam pembentukkan ekuitas merek. Oleh karena itu peneliti menggunakan tehnik non-probabilitas sampling yaitu purposive sampling sebagai pengambilan sampel untuk dijadikan responden yaitu sebanyak 50 pelanggan KFC. Selanjutnya dengan menggunakan pemetaan terhadap produk (ayam goreng, kentang goreng, hamburger, spaghetti, sup, ice cream, salad dan perkedel), dihasilkan pasangan produk yang saling bersaing ketat antara kualitas produk dan persepsi merek. Adapun pasangan produknya adalah spaghetti dan hamburger, ayam dan kentang goreng, salad dan ice cream dan yang terakhir adalah sup dan perkedel. Dimana ayam dan kentang goreng berada pada nilai persepsi dan kualitas produk tertinggi dari produk lainnya. Produk ini menduduki posisi teratas dalam persepsi konsumen. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ketika konsumen (pengunjung) membeli ayam goreng, kemungkinan besar mereka akan membeli kentang goreng sebagai pelengkap makanan yang akan mereka beli. Dengan pengujian yang dilakukan menggunakan Anova ternyata dari kedelapan produk tersebut terdapat perbedaan yang signifikan antara persaingan kualitas produk dan persepsi merek menurut unsur pembentuk ekuitas mereknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 658 Manajemen Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Manajemen
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 05 Sep 2017 06:26
Last Modified: 05 Sep 2017 06:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11087

Actions (login required)

View Item View Item