Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH BIAYA PROMOSI, HARGA, DAN PERSAINGAN TERHADAP VOLUME PENJUALAN MOBIL BEKAS PADA PT. SURYA MEGAH AUTO MOBIL PEKANBARU

Jeffnosapelko (2010) PENGARUH BIAYA PROMOSI, HARGA, DAN PERSAINGAN TERHADAP VOLUME PENJUALAN MOBIL BEKAS PADA PT. SURYA MEGAH AUTO MOBIL PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201030MEN.pdf

Download (372kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada awal bulan September 2009 sampai bulan Januari 2010 dengan obyek penelitian PT. Surya Megah Auto Mobil Pekanbaru yang berkedudukan di Jalan Soekarno-hatta No. 269. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh biaya promosi, harga, dan persaingan terhadap volume penjualan mobil bekas pada PT. Surya Megah Auto Mobil Pekanbaru dan juga untuk mengetahui faktor manakah dari ketiga variabel tersebut yang memiliki nilai atau pengaruh paling dominan terhadap volume penjualan mobil bekas pada PT. Surya Megah Auto Mobil Pekanbaru. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari berbagai sumber meliputi data survey lapangan, BPS Propinsi Riau, data olahan, dan juga data langsung yang peneliti peroleh dari pihak interen PT. Surya Megah Auto Mobil Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang melakukan pembelian mobil bekas dari tahun 2007-2008 PT. Surya Megah Auto Mobil Pekanbaru yaitu sebanyak 48 responden. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan sensus, yaitu data penelitian diolah dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS (Statistical Product Service Solution ) versi 12.0. Berdasarkan hasil perhitungan maka diperoleh hasil sebagai berikut : bahwa secara simultan biaya promosi, harga, dan persaingan berpengaruh terhadap penjualan mobil bekas. Hal ini dilihat dari uji F yang mana nilai F hitung lebih besar dari F (16,701 >2,59). Selanjutnya secara parsial, yang mana nilai t hitung dari ketiga variael bebas biaya promosi sebesar 2,355, harga sebesar 4,253 dan persaingan sebesar 3,701 lebih besar dari t tabel, maka di simpulkan bahwa biaya promosi, harga, dan persaingan berpengaruh terhadap penjualan sedangkan nilai yang paling dominan berpegaruh terhadap volume penjualan pada PT. Surya Megah Auto Mobil Pekanbaru adalah variabel harga. Selanjutnya dilihat dari uji koefisien determinasi yang mana nilai R 2 tabel sebesar 0,511 atau sebesar 51,1% dari volume penjualan pada PT. Surya Megah Auto Mobil Pekanbaru yang dipengaruhi oleh biaya promosi, harga, dan persaingan secara bersamaan. Sedangkan sisanya 48,9% dipengaruhi oleh variable lainya. Dari hasil penelitian ini penulis menyarankan kepada pihak perusahaan untuk lebih memperhatikan faktor-faktor diatas, terutama dalam melakukan strategi-strategi promosi yang lebih inovaif dan diminati oleh konsumen serta memberikan potongan harga (diskon) kepada konsumen dalam membeli mobil bekas pada PT. Surya Megah Auto Mobil Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 658 Manajemen Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Manajemen
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 05 Sep 2017 06:23
Last Modified: 05 Sep 2017 06:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11085

Actions (login required)

View Item View Item