ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN KENDARAAN BERMOTOR MEREK YAMAHA JUPITER PADA DEALER YAMAHA TRI STAR KENCANA BANGKINANG

Aprilia Retno Wardani, (2010) ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN KENDARAAN BERMOTOR MEREK YAMAHA JUPITER PADA DEALER YAMAHA TRI STAR KENCANA BANGKINANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
2010_201014MEN.pdf

Download (554kB)

Abstract

Kebutuhan akan transportasi meningkat seiring dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi, hal ini menyebabkan kebutuhan akan kendaraan juga meningkat. Permintaan masyarakat yang cukup tinggi akan sarana transportasi menyebabkan banyak berdirinya perusahaan penyedia kendaraan bermotor. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam keputusan pembelian kendaraan bermotor merek yamaha jupiter pada Dealer Yamaha Tri Star Kencana Bangkinang. Hipotesis dalam penelitian ini terdapatnya pengaruh faktor perilaku konsumen dalam keputusan pembelian sepeda motor yamaha jupiter pada Dealer Yamaha Tri Star Kencana Bangkinang. Sumber data dalam penelitian adalah data data primer dan skunder yang diperoleh dari konsumen yang membeli sepeda motor yamaha jupiter pada Dealer Yamaha Tri Star Kencana Bangkinang dilakukan dengan cara mengisi kuesioner, disebarkan kepada 90 orang konsumen sebagai responden. Analisis data yang digunakan adalah metode regresi linier berganda, yang didasarkan pada hubungan suatu variabel independen dengan variabel dependen. Model Regresi Linier Berganda Y = 0,264a+0,232X 1 +0,528X 2 +0,329X 3 +0,330X +e. Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil bahwa faktor kebudayaan (X1) 2,518, 4 faktor sosial (X2) 6,714, faktor pribadi (X3) 3,072 dan faktor psikologis (X4) 4,450) bernilai positif. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi nilai dari keempat variabel tersebut maka keputusan pembelian terhadap pembelian sepeda motor yamaha jupiter akan semakin meningkat. Faktor yang dominan mempengaruhi perilaku konsumen dalam keputusan pembelian adalah faktor sosial dengan nilai 6,714. Berdasarkan nilai koefisien determinasi R 2 / square, diperoleh sebesar 0,855 atau sebesar 85,5%. Hal ini menunjukkan bahwa keempat variabel bebas secara bersama-sama memberikan pengaruh terhadap variabel terikat sebesar 85,5 %, sedangkan sisanya 14,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti data penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 658 Manajemen Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Manajemen
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 05 Sep 2017 02:54
Last Modified: 05 Sep 2017 02:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11079

Actions (login required)

View Item View Item