Muhammad Jamil (2010) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP DISIPLIN KERJA GURU DI SLTPN 3 KOTO- TUO XIII KOTO KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2010_201008MEN.pdf Download (475kB) | Preview |
Abstract
Kepemimpinan terhadap kedisiplinan kerja guru penting artinya bagi pelaksanaan suatu pekerjaan, untuk menghindari terjadinya penyimpangan baik sebelum pelaksanaan pekerjaan maupun setelah pelaksanaan pekerjaan dilakukan. Dan memperbaiki kesalahan serta penyimpangan tersebut agar pelaksanaan pekerjaan sesuai dengan rencana yang akhirnya dapat meningkatkan kedisiplinan kerja para guru dalam suatu instansi depertemen pendidikan maupun pemerintahan. Penelitian ini dilakukan di SLTPN 3 Koto-Tuo XIII Koto Kampar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan kepemimpinan kepala sekolah dan kedisipinan kerja guru serta pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kedisiplinan kerja guru. Jumlah populasi dan sampel pada penelitian ini adalah 22 orang. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah observasi, interview dan kusioner. Sedangkan jenis dan sumber data adalah data primer dan data skunder. Penelitian ini menggunakan deskriprif yang dikuantitatifkan yang menggunakan analisis koefisien product momen atau regresi liner sederhana dan koefesien determinan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peranan kepemimpinan kepala sekolah dapat di kategorikan kurang baik hal ini dapat dilihat dari rekapitulasi jawaban responden peranan kepemimpinan yaitu yang menyatakan sangat baik adalah rata-rata 2,5 orang atau 11,4%, yang menyatakan baik adalah rata-rata 3,3 orang atau 15 %, yang menyatakan kurang baik adalah rata-rata 6,5 orang atau 29,6 %, yang menyatakan tidak baik adalah rata-rata 6,4 orang atau 29 %, sedangkan yang menyatakan sangat tidak baik adalah rata-rata 3,3 orang atau 15 %. Untuk kedisipilinan kinerja guru juga di kategorikan kurang baik hal ini dapat dilihat dari rekapitulasi kedisiplinan kinerja guru yang berupa jawaban responden, yang menyatakan sangat baik adalah rata-rata 4,1 orang atau 18,7 %, sedangkan yang menyatakan baik adalah rata-rata 5,8 orang atau 26,4 %, yang menyatakan kurang baik adalah rata-rata 6,1 orang atau 27,7 %, yang menyatakan tidak baik adalah ratarata 3 orang atau 13,6 %, sedangkan yang menyatakan sangat tidak baik adalah ratarata 3 orang atau 13, 6 %. Untuk pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dengan kedisiplinan kinerja guru dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan kepalah sekolah mempunyai pengaruh yang negatif terhadap kedisiplinan kinerja guru. Pengaruh tersebut dapat dilihat dengan hasil uji “r” table (0,423 > 0,2) dengan tingkat kesalahan 5 % dengan demikian Ho di tolak dan Ha di terima, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan negative antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap kedisiplinan kerja guru. Dari hasil perhitungan determinant di ketahui bahwa nilai koefesien korelasi sebesar 0,2 dan besar pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kedisiplinan kerja guru adalah sangat rendah yaitu 4 % sedangkan sisanya 96 % di pengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 658 Manajemen Umum |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Manajemen |
Depositing User: | Feni Marti Adhenova |
Date Deposited: | 05 Sep 2017 02:33 |
Last Modified: | 05 Sep 2017 02:33 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11073 |
Actions (login required)
View Item |