Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

JUAL BELI KARET DITINJAU MENURUT HUKUM ISLAM (Studi Kasus Penimbangan Karet di Desa Tanjung Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar)

Nurzali (2010) JUAL BELI KARET DITINJAU MENURUT HUKUM ISLAM (Studi Kasus Penimbangan Karet di Desa Tanjung Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010104MUA.pdf

Download (446kB) | Preview

Abstract

Adapun permasalahan yang diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimana penimbangan karet yang terjadi di desa Tanjung, bagaimana mana tanggapan masyarakat terhadap penimbangan karet, dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap penimbangan dalam jual beli karet di desa Tanjung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penimbangan karet yang terjadi di desa Tanjung, bagaimana tanggapan masyarakat, dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap penimbangan dalam jual beli karet tersebut. Adapun tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu: Observasi, Penulis melakukan pengamatan langsung ke lokasi penelitian guna melihat secara dekat yang terjadi, yang dipergunakan sebagai data penjelas terhadap hasil wawancara dan angket. Wawancara, Penulis melakukan wawancara dengan pihak pembeli (toke), pihak petani karet kemudian menanyakan kepada pihak-pihak lain sebagai tambahan informasi. Angket, Penulis merumuskan sejumlah pertanyaan yang dibuat agar dijawab oleh responden sehingga diperoleh data yang kuat. Kemudian data yang sudah ada dianalisa dengan menggunakan teori deskriptik analitik, menganalisa data secara apa adanya dengan menggambarkan permasalahan berdasarkan data yang diperoleh. Dari hasil peneitian dapat disimpulkan bahwa penimbangan yang terjadi di desa Tanjung terdapat kecurangan dan penipuan dalam jual beli karet, masyarakat tidak merasa ihklas dan rela terhadap penimbangan tersebut. Sedangkan dalam ajaran agama Islam dianjurkan untuk tidak melakukan kecurangan dalam menimbang bahkan Islam disunatkannya melebihi timbangan dan takaran itu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 05 Sep 2017 01:40
Last Modified: 05 Sep 2017 01:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11057

Actions (login required)

View Item View Item