PERANAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PEGAWAI DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN DI BILIK MELAYU BPAD (BADAN PERPUSTAKAAN ARSIP DAN DOKUMENTASI) PROVINSI RIAU

Wahyuni, (2010) PERANAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PEGAWAI DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN DI BILIK MELAYU BPAD (BADAN PERPUSTAKAAN ARSIP DAN DOKUMENTASI) PROVINSI RIAU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010125KOM.pdf

Download (388kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Peranan Komunikasi Interpersonal Pegawai dalam Meningkatkan Pelayanan di Ruang Bilik Melayu BPAD (Badan Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi) Provinsi Riau”. Komunikasi tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari, dimana saja berada komunikasi akan selalu ada, seperti di ruang Bilik Melayu BPAD (Badan Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi) Provinsi Riau yang sebagai perannya adalah memberikan informasi kepada seluruh masyarakat yang ingin mencari informasi, maka akan sering dijumpai komunikasi. Komunikasi dengan pelayanan tidak bisa dipisahkan, karena pelayanan yang baik adalah bagaimana menyampaikan pesan yang baik, atau dengan berkomunikasi yang baik maka pelayanan akan berjalan dengan baik. Pelayanan yang baik adalah dengan cepat, tepat, tanggap serta mampu berkomunikasi dengan pengunjung, mengetahui kebutuhan pengunjung, memahami pengunjung, dan hal itu semua akan terwujud hanya dengan komunikasi yang baik antara pegawai dengan pengunjung. Adapun permasalahan yang peneliti kaji adalah bagaimana peranan komunikasi interpersonal pegawai Bilik Melayu dalam meningkatkan pelayanan, serta apa saja faktor yang mempengaruhi komunikasi interpersonal pegawai dalam meningkatkan pelayanan di Bilik Melayu BPAD provinsi Riau. Untuk mengumpulkan data, penulis menggunakan observasi langsung ke lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Metode yang penulis gunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu memaparkan kata-kata tanpa melakukan uji statistik dan menggambarkan, menjelaskan permasalahan yang diteliti dalam bentuk kalimat bukan dalam bentuk angka. Dari hasil penelitian serta analisis data yang penulis kaji maka peranan komunikasi interpersonal pegawai dalam meningkatkan pelayanan di Bilik Melayu BPAD Provinsi Riau adalah cukup baik. Karena pegawai telah mampu menerapkan standar layanan prima seperti mampu berkomunikasi dengan baik kepada pengunjung, mengetahui dan memahami kebutuhan pengunjung, ramah terhadap pengunjung, sabar dalam memberikan pelayanan, hanya saja koleksi dalam ruang Bilik Melayu masih kurang, sehingga banyak pengunjung yang belum mendapatkan informasi yang dibutuhkan, tetapi pegawai mampu menangani hal ini dengan memberikan pemahaman kepada pengunjung, tentunya dengan komunikasi yang baik. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi terjadinya komunikasi antara pegawai dengan pengunjung, dintaranya karena setiap manusia membutuhkan orang lain untuk saling mengisi kekurangan dan membagi kelebihan, karena pengunjung membutuhkan informasi dan karena penjajaran buku dalam ruang bilik Melayu berdasarkan tahun terbit maka banyak pengunjung yang kebingungan dan disini terjadi komunikasi antara pegawai dengan pengunjug.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 04 Sep 2017 12:29
Last Modified: 04 Sep 2017 12:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11050

Actions (login required)

View Item View Item