Syamsul (2010) MANAJEMEN PROGRAM SIARAN MUSIK DI STASIUN RADIO INDRA 89,0 FM BENGKALIS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2010_2010122KOM.pdf Download (223kB) | Preview |
Abstract
Radio Indra 89.0 Fm Bengkalis sebagai Radio swasta yang mengalami perkembangan dan kemajuan dari sebelumnya, hal ini bisa dilihat dari sarana- prasarana program dan kru penyiar itu sendiri. Keberadaan Radio Indra 89.0 Fm dapat membantu dan menghibur masyarakat untuk mendapatkan informasi, hiburan dan iklan. Yang menjadi keunggulan dari Radio ini salah satunya adalah program acara musik, program radio harus dikemas sedemikian rupa agar dapat menarik perhatian dan dapat diikuti sebanyak mungkin orang. Pengelola stasiun harus jeli dalam membidik audiennya dalam memproduksi program siaran dengan memecu kepada kebutuhan audien yang menjadi target stasiun radio. Keberhasilan media penyiaran ditopang oleh tiga pilar utama yaitu program, pemasaran dan teknik. Pengelola media penyiaran tidak dapat mengabaikan salah satu dari tiga pilar utama ini. Strategi pengelola yang baik terhadap ketiga bidang itu akan membawa keberhasilan dalam media penyiaran. Berdasarkan persaingan dari bebagai media khususnya radio, maka penulis tertarik untuk mengangkat permasalahan yaitu bagaimana manajemen program siaran musik di stasiun Radio Indra 89.0 Bengkalis dalam membidik audienya. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode Deskriptif kualitatif. Waktu dan lokasi penelitian ini ialah mulai dari 10 juni s/d 12 agustus 2010 yang berlokasi di stasiun Radio Indra 89.0 Fm Bengkalis yang terletak di Jalan Hangtuah Bengkalis adapun subjek penelitian ini adalah manager, program director, music director, production dan marketing. Yang menjadi objek adalah manajemen program siaran musik. Untuk teknik pengumpulan data yaitu dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian analisa data dengan metode deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan di lapangan, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: Keberhasilan media penyiaran bergantung pada bagaimana perencanaan manajemen program siarannya, dan kualitas orang-orang yang bekerja. Kegiatan untuk mempertahankan audien dan menarik audien sebanyak- banyaknya untuk mecapai target pendengar yang diinginkan, dan menjalin kerjasama antar devisi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | eva sartika |
Date Deposited: | 04 Sep 2017 12:24 |
Last Modified: | 04 Sep 2017 12:24 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11047 |
Actions (login required)
View Item |