STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK PARTAI AMANAT NASIONAL KOTA PEKANBARU DALAM PEMENANGAN KURSI LEGISLATIF KOTA PEKANBARU TAHUN 2009

Sukardimanto, (2010) STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK PARTAI AMANAT NASIONAL KOTA PEKANBARU DALAM PEMENANGAN KURSI LEGISLATIF KOTA PEKANBARU TAHUN 2009. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201011KOM.pdf

Download (325kB) | Preview

Abstract

Adapun batasan masalah adalah strategi dan langkah-langkah yang diambil oleh para calon anggota legislatif daerah pemilihan tiga (Tenayan Raya, Bukit Raya, dan Marpoyan Damai) Tahun 2009. Dan yang menjadi permasalahan adalaah: Bagaimana Strategi Komunikasi Politik Partai Amanat Nasional Kota Pekanbaru dan Para Caleg dalam Pemenangan Kursi Legislatif Kota Pekanbaru Tahun 2009. Tujuan penelitian: untuk mengetahui strategi komunikasi politik yang diambil oleh Partai Amanat Nasional Kota Pekanbaru dan para calon anggota legislatif Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Pekanbaru dalam menghadapi pemilu legislatif daerah pemilihan tiga (Tenayan Raya, Bukit Raya, dan Marpoyan Damai) tahun 2009. langkah-langkah apa yang diambil oleh Paartai Amanat nasional (PAN) Kota Pekanbaru dalam menghadapi persaingan calon legislatif parpol lainnya. Dalam pengumpulan data penelitian menggunakan teknik-teknik sebagai berikut: Observasi adalah pewancara terjun langsung kelapangan untuk mengetahui data yang real dilapangan. Wawancara dilakukan pada ketua DPD PAN Kota Pekanbaru, Bapilu dan caleg yang telah lolos sebagaai anggota DPRD Kota Pekanbaru serta DPD PAN dalam menghadapi pemilu legislatif (Pemenangan pemilu legislatif Kota Pekanbaru). Dokumentasi yaitu merupakan dokumen-dokumen atau arsip-arsip yang dimiliki DPD PAN Kota Pekanbaru yaang berhubungan dengan daata dan bertujuan untuk mengetahui sejauh apa strategi yang digunakan oleh partai dalam pemenangan pemilu legislati DPRD Kota Pekanbaru. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah Dewan Pimpinan Daeraah (DPD) Kota Pekanbaaru yang berjumlah 49 orang. Dan adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah Ketua DPD PAN Kota Pekanbaru, Badan Pemenangan Pemilu (BAPILU) Legislatif Partai Amanat Nasional Kota Pekanbaru yang terdiri dari Ketua, Sekretaris dan Bendahara dan Para Caleg yang Lolos dal Pemilu Legislati 9 April 2009 dan beberaapa caleg yang ada di wilayah dapil 3 (tiga) serta sekretariat DPD PAN yang berjumlah 10 orang. Penelitan menggunakan deskriftif kualitatif, yaitu setelah data terkumpul, langkah selanjutnya adaalaah dengan menganalisa data yang telah ada. Data kualitaatif digambarkan dengan kata-kata dan semua data yang telah dianalisa secara mendalam sehungga mendapaatkan informasi yang benar-benar akurat dan terpecaya. Adapun strategi khusus yang diambil oleh para caleg dapil tiga antara lain: melakukan retorika politik/ pidato politik, melakukan propaganda politik, kampanye politik/ kampanye akbar, meningkatkan ketokohan dan kelembagaan partai, menciptakan kebersamaan dengan melakukan pendekatan secara persuasif dengan cara mencoba memahami khalayak, memilih media yang paling tepat untu melakukan sosialisasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 04 Sep 2017 12:18
Last Modified: 04 Sep 2017 12:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11045

Actions (login required)

View Item View Item