PENERAPAN PEDOMAN LEAD BERITA DALAM PENULISAN HEAD LINE BERITA KRIMINAL PADA SURAT KABAR HARIAN MX PEKANBARU EDISI JANUARI 2010

Ade Prima Putra, (2010) PENERAPAN PEDOMAN LEAD BERITA DALAM PENULISAN HEAD LINE BERITA KRIMINAL PADA SURAT KABAR HARIAN MX PEKANBARU EDISI JANUARI 2010. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010114KOM.pdf

Download (270kB) | Preview

Abstract

Dalam penyajian berita perlu memeprhatikan pedoman penulisan, baik itu secara keseluruhan ataupun penulisan Lead secara khusus. Sebagai teras berita (Lead) menjadikannya begitu penting dalam sebuah berita, sebab bagi sebagian orang waktu untuk membaca keseluruhan berita itu tidak mungkinn makanya pembaca hanya membaca yang penting saja. Rumusan masalah bagaimana menerapkan Lead (teras berita) dalam penulisan head line berita kriminal pada surat kabar harian MX Pekanbaru. Bagiamana kemampuan wartawan dalam menerapkan pedonam lead (teras berita) dalam penulisan head line berita kriminal pada surat kabar harian MX Pekanbaru. Tujuan dan kegunaan penelitian ini mengetahui penerapan pedoman Lead (teras berita) dalam penulisan head line berita kriminal pada surat kabar harian MX Pekanbaru. Kegunaan penelitian, sebagai informasi pengetahuan mengenai penulisan bahasa berita khususnya dalam penulisan Lead (teras berita) sebagai sumbangsih pemikiran kepada pihak-pihak yang bersangkutan yakni wartawan MX Pekanbaru pada umumnya khsususnya mahasiswa. Sebagai memenuhi tugas akhir penulis untuk memperoleh gelar sarjana strata satu pada Fakultas Dakwa dan Komunikasi, Jurusan Ilmu Komunikasi. Metode penelitian adalah metode analissi isi yaitu metode yang menganalisa tentang isi. Lokasi penelitian dilakukan Jl. KH. Ahmad Dahlan No. 14, Sukajadi Pekanbaru. Subjek penelitian adalah pedoman penulisan Lead (teras berita) pada berita kriminal surat kabar harian MX Pekanbaru. Objek penelitian adalah surat kabar harian MX Pekanbaru edisi Januari 2010. Populasi dan Sample Penelitian Populasi adalah Populasi adalah keseluruhan subjek penelitian (Suharsimi, 2002:108), yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah isi surat kabar harian MX Pekanbaru yang terdiri dari edisi Januari 2010. Sampel dalam penelitian disini adalah lead (teras berita) pada berita kriminal yang terbit pada edisi pagi selama 1 bulan penuh pada bulan edisi Januari 2010. pengambilan sampel secara langsung ke lapangan dan sekaligus dijadikan sebagai penelitian. Teknik Pengumpulan Data Observasi Wawancara Dokumentasi. Teknik Analisa Data dalam penelitian menggunakan teknik analisa isi. Hasil Dari hasil analisa data sebagaimana teradapat pada bab empat, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pedoman Lead (teras berita) dalam penulisan head line berita kriminal pada surat kabar harian MX Pekanbaru dapat dikatakna cukup baik sesuai dengan pedoman lead (teras berita) dengan nilai 74%. Hal ini dapat dilihat dari kebenaran dan kesalahan penerapan pedoman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 04 Sep 2017 10:16
Last Modified: 04 Sep 2017 10:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11039

Actions (login required)

View Item View Item