PERANAN PUBLIK RELATION RUMAH SAKIT LAPANGAN PAYALAMAN KECAMATAN PALMATAK KABUPATEN ANAMBAS DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PASIEN RUMAH SAKIT LAPANGAN

Julia, (2010) PERANAN PUBLIK RELATION RUMAH SAKIT LAPANGAN PAYALAMAN KECAMATAN PALMATAK KABUPATEN ANAMBAS DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PASIEN RUMAH SAKIT LAPANGAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201010KOM.pdf

Download (249kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang berjudul Peranan Publik Relation Rumah Sakit Lapangan Payalaman Kecamatan Palmatak Kabupaten Anambas dalam Meningkatkan Kepuasan Pasien Rumah Sakit Lapangan, tujuannya adalah bagaimana Peranan Publik Relation Rumah Sakit Lapangan Payalaman dalam meningkatkan kepuasan pasien dan bagaimana kepuasan pasien terhadap pelayanan Rumah Sakit. Kegunaan penelitian secara teoritis adalah untuk memberikan sumbangan ilmiah bagi penulis khususnya dan mahasiswa pada umumnya, dibidang ilmu komunikasi. Sedangkan secara praktis, dapat menambah wawasan serta masukan bagi semua pihak yang terkait, khususnya dalam masyarakat. Lokasi penelitian Rumah Sakit Lapangan Payalaman Kecamatan Palmatak Kabupaten Anambas, subjek penelitian Pimpinan Publik Relation dan Pasien Rumah Sakit Lapangan, objek penelitian ini adalah Peranan Publik Relation Rumah Sakit Lapangan Payalaman dalam Meningkatkan Kepuasan Pasien Rumah Sakit Lapangan. Populasi adalah Publik Relation berjumlah 1 orang yaitu ibu Dr. Rini Gumala Cahyani selaku Publik Relation Rumah Sakit, dan Sampel sebanyak 30 orang Pasien dengan metode accidential sampling (sampel aksidental) yang diambil 1 hari 2 orang pada tiap hari kerja sehingga membutuhkan 15 hari untuk melakukan penelitian terhitung dari tanggal 16 Mei 2009 s/d 16 Agustus 2009. Sedangkan teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, selanjutnya penelitian menganalisa data tersebut dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk data wawancara dan untuk data kepuasan menurut pasien dengan metode deskriptif kuantitatif dengan persentase. Sebagai tolak ukur yaitu : Puas apabila mencapai 70%-100% , Cukup Puas apabila mencapai 30%-60%, Kurang Puas apabila mencapai kurang dari 30%. Kesimpulan Peranan Publik Relation Rumah Sakit Lapangan Payalaman dikatakan Berperan ini terbukti dimana pihak Rumah Sakit memberikan keterangan pengertian Publik Relation kepada masyarakat, mengatasi keluhan pasien dalam meningkatkan kepuasan pasien, menjalin hubungan dengan pihak luar. Sedangkan kepuasan pasien terhadap pelayanan Rumah Sakit Lapangan dikatakan Puas ini terbukti dari angket yang disebarkan dan juga pada rekapitulasi jawaban responden terdapat pada bab analisa data dengan nilai 70.68%. Hal ini terbukti bahwa angka ini terdapat antara 70%-100% sesuai dengan kategori yang telah disesuaikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 04 Sep 2017 10:09
Last Modified: 04 Sep 2017 10:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11036

Actions (login required)

View Item View Item