FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI JUMLAH TUNGGAKAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (PKB) PADA KANTOR DINAS PENDAPATAN DAERAH KOTA PEKANBARU

Merri Nugraheni, (2010) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI JUMLAH TUNGGAKAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (PKB) PADA KANTOR DINAS PENDAPATAN DAERAH KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010363AKN.pdf

Download (460kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada kantor Dinas Pendapatan TingkatI/SAMSAT Pekanbaru Selatan yang berlangsung pada bulan Mei sampai Juli. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara empiris apakah kesadaran, pendapatan, jarak tempat tinggal, dan pelayanan jasa mempengaruhi jumlah tunggakan pajak kendaraan bermotor. Pengukuran faktor-faktor yang mempengaruhi jumlah tunggakan pajak kendaraan bermotor menggunakan instrument kuesioner. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif. untuk mengetahui besarnya hubungan variabel bebas terhadap variabel terikat digunakan analisa Regresi Linear Berganda dengan menggunakan progam SPSS versi 16,0 yaitu dengan hasil Y =1,075 + 0,578 + 0,119 – 0,174 +1,176 + e. Uji t digunakan untuk mengetahui pengaruh masing-masing faktor yang mempengaruhi jumlah tunggakan pajak kendaraan bermotor dalam membayar pajak, yaitu kesadaran, pendapatan, jarak tempat tinggal, pelayanan jasa, Uji F digunakan untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor yang mempengaruhi jumlah tunggakan pajak kendaraan bermotor. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama instrumen yang digunakan dalam penelitian ini handal dan valid melalui pengujian validitas dan reliabilitas dengan menggunakan Pearson Correlation Out SPSS Viewer dan Cronbach Alpha. Kedua, secara parsial variabel kesadaran berpengaruh sebesar 57,8% dan pelayanan jasa mempunyai pengaruh sebesar 117,6%, terhadap jumlah tunggakan pajak kendaraan bermotor. Sedangkan variabel pendapatan dinyatakan tidak mempunyai pengaruh sebesar 11,9% dan jarak tempat tinggal sebesar 17,4% terhadap jumlah tunggakan pajak kendaraan bermotor nilai koefisien determinasi (R 2 ) sebesar 66,2% artinya variabel bebas mempengaruhi variabel terikat, sedangkan 33,8% dipengaruhi oleh faktor-faktor yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 657 Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 04 Sep 2017 04:40
Last Modified: 04 Sep 2017 04:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11028

Actions (login required)

View Item View Item