PENGARUH KONDISI KEUANGAN PERUSAHAAN, KUALITAS AUDIT, OPINI AUDIT TAHUN SEBELUMNYA, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP OPINI AUDIT GOING CONCERN

Said Ahmad Badrun, (2010) PENGARUH KONDISI KEUANGAN PERUSAHAAN, KUALITAS AUDIT, OPINI AUDIT TAHUN SEBELUMNYA, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP OPINI AUDIT GOING CONCERN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010301AKN.pdf

Download (373kB) | Preview

Abstract

Asumsi going concern merupakan salah satu asumsi dasar dalam menyusun laporan keuangan. Selain menilai kewajaran atas laporan keuangan yang dibuat oleh manajemen perusahaan, auditor juga harus mengevaluasi masalah kelangsungan hidup perusahaan (going concern). Opini audit going concern merupakan opini yang dikeluarkan oleh auditor yang menilai bahwa terdapat kesangsian besar tentang kemampuan entitas untuk mempertahankan kelangsungan usahanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti empiris tentang pengaruh kondisi keuangan perusahaan, kualitas audit, opini audit tahun sebelumnya, pertumbuhan perusahaan, dan ukuran perusahaan terhadap opini audit going concern. Penelitian dilakukan terhadap seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2005-2007. Pemilihan sampel ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Untuk menguji hipotesis pada penelitian ini, data diolah menggunakan uji statistik Regression Logistic melalui program aplikasi SPSS ver.16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa opini audit tahun sebelumnya secara signifikan berpengaruh terhadap penerimaan opini audit going concern oleh suatu perusahaan. Sedangkan variabel kondisi keuangan perusahaan, kualtias audit, pertumbuhan perusahaan, dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap penerimaan opini audit going concern oleh suatu perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 657 Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 04 Sep 2017 03:53
Last Modified: 04 Sep 2017 03:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11005

Actions (login required)

View Item View Item