MENINGKATKAN MOTIVASI MENULIS KARANGAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BULLETIN BOARD PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA AR-RASYID BAGAN JAYA KECAMATAN ENOK

Rosnanita, (2013) MENINGKATKAN MOTIVASI MENULIS KARANGAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BULLETIN BOARD PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA AR-RASYID BAGAN JAYA KECAMATAN ENOK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013177PGMI-.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi menulis karangan siswa dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini ditunjukkan dengan gejala-gejala sebagai berikut : siswa tidak memperhatikan dengan serius penjelasan guru, siswa belajar dengan malas-malasan, siswa tidak semangat dalam belajar dan siswa takut bertanya pada guru tentang pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan motivasi menulis karangan siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Swasta Ar-Rasyid Bagan Jaya Kecamatan Enok Kabupaten Indragiri Hilir setelah diterapkan penggunaan media bulletin board. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah ada peningkatan motivasi menulis karangan dengan menggunakan media bulletin board pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Swasta Ar-Rasyid Bagan Jaya Kecamatan Enok Kabupaten Indragiri Hilir?” Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu guru berperan langsung dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Swasta Ar-Rasyid Bagan Jaya Kecamatan Enok Kabupaten Indragiri Hilir yang berjumlah 13 orang dan objek dalam penelitian ini adalah Media bulletin board untuk meningkatkan motivasi menulis karangan siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi menulis karangan siswa, yang dilakukan dalam setiap kali pertemuan. Data yang diperoleh melelui observasi merupakan data ordinal. Untuk mengetahui apakah ada peningkatan motivasi menulis karangan siswa dapat dilihat dari hasil persiklus dalam proses pembelajaran tanpa menggunakan media bulletin board dan menigkatkan motivasi` menulis karangan dengan menggunakan media bulletin board. Berdasarkan hasil pengujian, rata-rata pada pertemuan tanpa tindakan adalah 73%. Siklus I 74% dan Siklus II adalah 80%. Dari data tersebut terjadi peningkatan motivasi menulis karangan dengan menggunakan media bulletin board pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Swasta Ar-Rasyid Bagan Jaya Kecamatan Enok Kabupaten Indragiri Hilir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ari Eka Wahyudi
Date Deposited: 23 Dec 2015 02:07
Last Modified: 23 Dec 2015 02:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/110

Actions (login required)

View Item View Item