POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN ANAK DI KELURAHAN PERAWANG KECAMATAN TUALANG KABUPATEN SIAK (Kajian Pola Komunikasi Interaksional)

Rika Zulaika, (2010) POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN ANAK DI KELURAHAN PERAWANG KECAMATAN TUALANG KABUPATEN SIAK (Kajian Pola Komunikasi Interaksional). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010108KOM.pdf

Download (302kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN ANAK DI KELURAHAN PERAWANG KECAMATAN TUALANG KABUPATEN SIAK”. Adapun permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah; Bagaimana pola komunikasi interpersonal orang tua dalam membentuk kepribadian anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagimana pola komunikasi interpersonal orang tua dalam membentuk kepribadian anak di kelurahan perawang kecamatan tualang kabupaten siak. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan adalah, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan data-data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang atau prilaku yang dapat diamati. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan di Kelurahan Perawang Kecamatan Tualang Kabupaten Siak, bahwa banyak anak-anak yang terdapat didaerah tersebut menghabiskan waktu bermain mereka dengan hal-hal negatif seperti, mencari barang-barang bekas, ngamen dijalanan, bermain plays station sehingga dampak apa yang mereka lakukan berpengaruh pada kepribadian anak tersebut. Anak-anak seumuran mereka seharusnya tidak melakukan hal-hal seperti itu, seharusnya mereka mengikuti kegiatan-kegiatan positif agar bakat yang mereka miliki dapat diasah dari kecil. Bardasarkan hasil penelitian penulis lakukan, banyak anak-anak yang menghabiskan waktu bermain mereka dengan hal-hal negatif, seperti mencari barang- barang bekas, mencuri, ngamen dijalanan, dan bermain plays station, hal ini mereka lakukan karena kurangnya perhatian orang tua terhadap anak sehingga anak-anak bebas melakukan apa yang diinginkannya. Alasan ekonomi menjadikan orang tua membiarkan anaknya untuk bekerja dan mencari penghasilan sendiri, dan karena kesibukan orang tua sehingga orang tua tidak memperhatikan perkembangan anak-anaknya. Pola komunikasi yang dilakukan orang tua sangat mempengaruhi terhadap prilaku dan kepribadian yang dimiliki anak. Pola komunikasi yang harus diterapkan orang tua yaitu harus memprioritaskan kepentingan anak dan interaksi yang terjalin tidak hanya dari orang tua kepada anak tetapi juga antara anak kepada orang tua dan anak kepada anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 31 Aug 2017 07:15
Last Modified: 31 Aug 2017 07:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10992

Actions (login required)

View Item View Item