PENCITRAAN POLITIK HM RUSLI ZAINAL-MAMBANG MIT PADA MASA KAMPANYE PILKADA GUBERNUR RIAU TAHUN 2008. (Analisis Isi Berita Harian Riau Pos dan Harian Tribun Pekanbaru)

Jelprison, (2010) PENCITRAAN POLITIK HM RUSLI ZAINAL-MAMBANG MIT PADA MASA KAMPANYE PILKADA GUBERNUR RIAU TAHUN 2008. (Analisis Isi Berita Harian Riau Pos dan Harian Tribun Pekanbaru). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201008KOM.pdf

Download (598kB) | Preview

Abstract

Berbagai macam cara yang dilakukan oleh calon Kepala Daerah agar citra mereka tetap positif di mata masyarakat di era pemilihan kepala daerah secara langsung seperti saat ini. Salah satunya adalah melalui surat kabar. Dalam penelitian ini penulis ingin mengetahui gambaran pencitraan yang dilakukan calon Gubernur Riau Rusli Zainal pada masa kampanye Pilkada Gubernur Riau tahun 2008. Untuk mengetahui hal tersebut peneliti melakukan penelitian analisis isi berita di Harian Riau Pos dan Tribun Pekanbaru pada masa kampanye tanggal 5- 18 September 2008. Untuk menjawab permasalahan di atas penulis merujuk kepada konsep pencitraan, model Agenda Setting dan teori Gatekeeper. Jumlah total populasi penelitian ada sebanyak 184, dengan rincian Riau Pos 99 populasi, dan Tribun Pekanbaru sebanyak 85. Agar memudahkan peneliti dalam melakukan riset, maka sampel diambil dengan cara random. Metode dalam penelitian ini adalah analisis isi berita dengan menggunakan lembaran koding yang selanjutnya dianalisa menggunakan program SPSS dan diterangkan dengan deskriptif kuantitatif. Dari penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa selama masa kampanye Pilkada Gubernur Riau Rusli Zainal aktiv melakukan pencitraan di surat kabar untuk membentuk wish image atau citra keinginan. Hal ini terlihat dari besarnya persentase pemberitaan yang bersumber dari siaran pers ke surat kabar. Berita-berita tentang Rusli Zainal di surat kabar selama masa kampanye sebagian besar berorientasi positif dengan menjadikan Rusli Zainal tersebut sebagai narasumber utama. Dari hasil penelitian dan uji statistik juga diketahui antara Harian Riau Pos dan Tribun Pekanbaru dalam menyajikan pemberitaan Rusli Zainal juga terdapat perbedaan antara sub tema, sumber berita, tokoh yang diberitakan, jenis berita dan orientasi berita. Selama masa kampanye surat kabar juga tidak menyiarkan berita yang berimbang karena berita-berita tersebut ditampilkan dengan orientasi positif terhadap calon Gubernur Riau Rusli Zainal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 31 Aug 2017 06:47
Last Modified: 31 Aug 2017 06:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10985

Actions (login required)

View Item View Item