EFEK FILM LASKAR PELANGI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 007 KAMPUNG BARU CERENTI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

Yussafat Rose Lidya, (2010) EFEK FILM LASKAR PELANGI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 007 KAMPUNG BARU CERENTI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201006KOM.pdf

Download (363kB) | Preview

Abstract

Film Laskar Pelangi merupakan sebuah film yang sarat dengan nilai pendidikan. film ini juga berbicara jujur tentang potret kehidupan sosial masyarakat Indonesia yang masih termarginalkan yang membuat penontonnya miris dengan keadaan pendidikan Indonesia yang “katanya” sudah merdeka. Namun film ini juga memberikan pesan-pesan motivasi kepada penontonnya. Salah satu sekolah dasar yang mengadakan atau yang memprogramkan nonton bersama film Laskar Pelangi dalam bentuk VCD adalah SDN 007 Kampung Baru Cerenti Kabupaten Kuantan Singingi. Yang mana menjadi tujuan utamanya adalah untuk memberi gambaran kepada anak didik agar bersemangat dalam menutut ilmu dan menggapai cita-cita. Di samping itu juga memberikan kepercayaan diri yang tinggi kepada anak didik karena kemiskinan tidak menjadi penghalang untuk menggapai mimpi. Bertitik tolak dari uraian di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana efek film Laskar Pelangi terhadap motivasi belajar siswa, dan apa saja faktor penghambat terjadinya efek film laskar pelangi terhadap motivasi belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa SDN 007 Kampung Baru Cerenti, dan yang menjadi objek penelitian ini adalah efek film Laskar Pelangi terhadap motivasi belajar siswa. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 20 orang siswa kelas IV, 20 orang siswa kelas V, 20 orang siswa kelas VI, 5 orang guru wali kelas dan 1 orang kepala sekolah. Berdasarkan hasil penelitian yang telah penulis lakukan dengan menggunakan metode Deskriptif Kualitatif dengan Persentase dan teknik pengumpulan data yaitu teknik wawancara, observasi dan dokumentasi, maka secara umum dapat disimpulkan bahwa efek film Laskar pelangi terhadap motivasi belajar siswa SDN 007 Kampung Baru Cerenti tergolong “cukup” dalam pelaksanaannya. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat dalam pelaksanaannya adalah berasal dari individu dan lingkungan sosial siswa yang tidak mendukung terjadinya motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 31 Aug 2017 06:41
Last Modified: 31 Aug 2017 06:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10983

Actions (login required)

View Item View Item