PERSEPSI WARTAWAN RIAU POS TERHADAP KEBEBASAN PERS DI RIAU (Studi Tentang Persepsi Wartawan Kolom Metropolis Harian Pagi Riau Pos )

Hendra Suryawan, (2010) PERSEPSI WARTAWAN RIAU POS TERHADAP KEBEBASAN PERS DI RIAU (Studi Tentang Persepsi Wartawan Kolom Metropolis Harian Pagi Riau Pos ). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201005KOM.pdf

Download (242kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang berjudul Perepsi wartawan Riau Pos Terhadap Kebebasan Pers Di Riau (Studi Tentang Persepsi Wartawan Kolom Metropolis Harian Pagi Riau Pos ). Tujuannya adalah untuk mengetahui persepsi wartawan kolom metropolis Riau Pos terhadap kebebasan pers di Riau dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi persepsi wartawan kolom metropolis Riau Pos terhadap kebebasan pers di Riau. Kegunaan penelitian ini secara teoritis dapat digunakan sebagai bahan referensi bagi wartawan kolom Metropolis Riau Pos dalam menjalankan profesi kewartawananya. Secara praktis, hasil penelitian ini diharapkan dapat memperkaya fikiran tentang dunia jurnalistik khususnya kepada wartawan dan Secara akademis, penelitian ini sangan berguna untuk menambah wawasanpenulis dalam menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dibidang jurnalistik. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di Kantor Riau Pos di jalan Raya Pekanbaru- Bangkinang KM 10,5, Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode pengambilan data melalui teknik wawancara dan dokumentasi dengan metode pengambilan sampel secara total sampling, dan selanjutnya data tersebut dianalisis dengan menggunakan metode Deskriptif Kualitatif yaitu mengambarkan kejadian di lapangan dengan kalimat-kalimat yang sesuai dengan teori-teori. Populasi dalam penelitian ini adalah 8 orang yang terdiri dari keseluruhan wartawan kolom metropolis Riau Pos yang berjumlah 6 orang ditambah dengan 1 orang wakil pempinan redaksi (Wakapred) dan 1 orang kordinator liputan (KL) kolom metropolis Riau Pos. Dikerenakan jumlah popolasi sedikit, maka keseluruhan populasi dijadikan sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Wartawan Kolom Metropolis Riau Pos memiliki persepsi bahwa kebebasan pers di Riau sudah berjalan dengan baik, yang mana dibuktikan dengan tidak adanya intervensi atau tekanan yang dilakukan dari media tempat mereka bekerja maupun pemerintah dan pihak-pihak lain. Wartawan kolom metropolis merasa bebas dalam mencari, mengolah dan menyampaikan informasi kepada masyarakat asalkan sesuai dengan kode etik jurnalistik dan UU Pers yang berlaku. Wartawan kolom metropolis Riau Pos sama sekali tidak merasa terpaksa dalam melaksanakan tugas jurnalsitiknya, hal ini dikerenakan wartawan kolom metropolis memiliki keinginan yang kuat untuk menjadi wartawan yang profesional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 31 Aug 2017 06:37
Last Modified: 31 Aug 2017 06:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10982

Actions (login required)

View Item View Item