KOMUNIKASI SISWA DENGAN GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 BANGKINANG SEBERANG

Ali Akbar, (2010) KOMUNIKASI SISWA DENGAN GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 BANGKINANG SEBERANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
2010_2010373PAI.pdf

Download (335kB)

Abstract

proses pembelajaran dan item-item yang mempengaruhi dalam proses pembelajaran di Sekolah Menengah Atas Negeri I Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar. Adapun gejala yang ditemui yaitu : a). Adanya sebagian siswa yang tidak pernah bertanya sewaktu proses pembelajaran berlangsung meskipun mereka tidak paham terhadap materi yang diajarkan. b). Masih ada siswa kurang berperan aktif berkomunikasi dengan guru dalam proses pembelajaran berlangsung. c). Guru telah mengembangkan pola komunikasi dan memberi kesempatan bagi siswa untuk bertanya dan berkomunikasi tetapi masih ada diantara siswa yang enggan dan takut berkomunikasi dengan guru. d). Para siswa banyak sering mentertawakan siswa yang bertanya sehingga siswa yang biasanya rajin bertanya jadi tidak bersemangat untuk bertanya. Penelitian ini berbentuk penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan 2 orang siswa kelas XII dan 2 orang siswa kelas X.a dan 2 orang siswa kelas X.b sebagai sampel untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan faktor-faktor penghambat, Cara pengumpulan datanya dengan tiga cara yakni: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data semua terkumpul dianalisa dengan menggunakan rumus P = X100% N F dimana P = Angka Persentase, F= Frekuensi jawaban responden dan N = jumlah total. Setelah semua data dianalisa dan dapat disimpulkan bahwa komunikasi siswa dengan guru di Sekolah Menengah Umum Negeri I Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar tergolong sedang yaitu terlihat pada angka persentase 61,1%. sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhinya adalah yakni : a) Adapun faktorfaktor yang pendukung dan faktor penghambat, komunikasi siswa dengan guru di SMA Negeri 1 Bangkinang seberang yakni: 1. Faktor Pendukung a). Para Para guru sudah terbiasa berbicara dan mengekspresikan terhadap materi apa yang dibicarakan secara baik, b) Guru sudah terbiasa menyampaikan materi pelajaran secara verbal, c). Adanaya Siswa memahami yang disampaikan oleh guru dalam proses pembelajaran, d). Adanya respon positif siswa terhadap pelajaran yang disampaikan oleh guru. 2. Faktor penghambat a). Proses pembelajaran yang terjadi kurang terkontrol sehingga terjadi keributan dan kebisingan, b). Guru harus bekerja ekstra untuk menenangkan keributan yang terjadi didalam kelas maupun diluar kelas, c). Adanya sebagian siswa yang kurang mau mengerjakan tugas dalam belajar kelompok disebabkan tidak memahami pesan dan tugas yang diberikan oleh guru, d). Adanya Komunikasi yang terjalin kurang baik apabila kondisi fisik guru tidak memungkinkan untuk berkomunikasi, e). Sikap guru yang sering memaksakan kehendak terhadap siswa dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 31 Aug 2017 04:06
Last Modified: 31 Aug 2017 04:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10979

Actions (login required)

View Item View Item