MENINGKATKAN MOTIVASI DALAM MENGHAFAL SURAT - SURAT PENDEK MELALUI STRATEGI JUDICIAL REVIEW LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS IV SDN 012 SIPUNGGUK KECAMATAN SALO KABUPATEN KAMPAR

Ramlawati, (2010) MENINGKATKAN MOTIVASI DALAM MENGHAFAL SURAT - SURAT PENDEK MELALUI STRATEGI JUDICIAL REVIEW LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS IV SDN 012 SIPUNGGUK KECAMATAN SALO KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010365PAI.pdf

Download (308kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan motivasi menghafal surat-surat pendek dikelas IV SDN 012 Sipungguk, setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan Strategi Judicial Review Learning. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah apakah Strategi Judicial Review Learning dapat meningkatkan motivasi menghafal surat-surat pendek siswa kelas IV SDN 012 Sipungguk Kecamatan Salo. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 33 orang yang terdiri dari 18 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan. Sedangkan objek penelitian ini adalah motivasi siswa dalam menghafal surat-surat pendek dengan menggunakan Strategi Judicial Review Learning. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam tindakan kelas yaitu; 1) Perencanaan/persiapan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, 4) Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dari analisis tindakan diperoleh kesimpulan bahwa melalui Strategi Judicial Review Learning dapat meningkatkan motivasi siswa dalam menghafal surat-surat pendek. hal ini dapat dilihat dari hasil observasi dimana untuk semua indikator motivasi menghafal siswa sebelum tindakan hanya 42,92%. Sedangkan setelah melakukan tindakan pada siklus I 67,68 % dan pada siklus II mencapai 86,87 %. Dengan demikian motivasi menghafal siswa dapat dikategorikan baik karena berada antara 76 % - 100 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 31 Aug 2017 04:01
Last Modified: 31 Aug 2017 04:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10976

Actions (login required)

View Item View Item