MENINGKATKAN KEMAMPUAN MELAKSANAKAN SHALAT FARDHU MELALUI STRATEGI TUTOR SEBAYA SISWA KELAS VII MTs DARUSSAKINAH BATU BERSURAT KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Hendri, (2010) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MELAKSANAKAN SHALAT FARDHU MELALUI STRATEGI TUTOR SEBAYA SISWA KELAS VII MTs DARUSSAKINAH BATU BERSURAT KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010356PAI.pdf

Download (892kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Class Action Reseach).Berdasarkan hasil pengamatan di kelas VII MTs Darussakinah Batu Bersurat Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar ditemui beberapa gejala-gejala atau fenomena dalam proses belajar mengajar, khususnya pada mata pelajaran pendidikan agama islam, yang menunjukkan kurangnya keaktifan siswa didalam belajar seperti: a) Masih banyaknya siswa yang belum mampu melafalkan bacaan Sholat, hal ini terlihat lebih dari 60% dari seluruh siswa yang bacaan shalatnya belum benar. b) Hampir 70% siswa belum bisa melakukan gerakan shalat dengan sempurna, terbukti ketika dilakukan praktek shalat sebagian siswa melakukan kesalahan dalam gerakan shalat, seperti gerakan takbir, ruku’, sujūd, serta duduk tasyahud awal dan akhir. c) Masih ada beberapa siswa yang sulit melafalkan niat shalat fardu. . Untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam tersebut maka penulis menerapkan Strategi tutor sebaya di kelas VII MTs Darussakinah Batu Bersurat Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. data yang di uraikan adalah kemampuan melaksanakan shalat fardhu sebelum tindakan, pada siklus I dan Siklus I, tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) perencanaan/persiapan tindakan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa kemampuan siswa dalam melaksanakan sholat fardhu sebelum tindakan hanya mencapai persentase 51,28% dengan kategori “Kurang baik” karena berada pada rentang 40-55%. Pada siklus I meningkat dengan persentase 61,54% dengan kategori “cukup baik” karena berada pada rentang 56 % - 75%. Sedangkan pada Siklus I kemampuan siswa dalam melaksanakan sholat fardhu meningkatkan dengan cukup memuaskan dengan persentase 76,41 % dengan kategori “baik” karena berada pada rentang 76 % - 100 %. Dari hasil tersebut, hipotesis penelitian yang berbunyai melalui penerapan strategi tutor sebaya yang tepat, dapat meningkatan kemampuan siswa dalam melaksanakan shalat fardhu kelas VII MTs Darussakinah Batu Bersurat Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar, dapat “diterima”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 31 Aug 2017 03:34
Last Modified: 31 Aug 2017 03:34
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10974

Actions (login required)

View Item View Item