PENGARUH PEMBINAAN ORANGTUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SMA MUHAMMADIYAH TEMBILAHAN KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

Siti Bulkiah, (2010) PENGARUH PEMBINAAN ORANGTUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SMA MUHAMMADIYAH TEMBILAHAN KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010351PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara pembinaan orangtua dengan prestasi belajar pendidikan Agama Islam siswa SMA Muhammadiyah Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir. Subyek penelitian ini adalah orangtua dan siswa SMA Muhammadiyah Tembilahan. Sedangkan obyeknya adalah pengaruh pembinaan orangtua dan prestasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X dan kelas XI yang berjumlah 95 orang. Dalam hal ini penulis tidak menggunakan sampel dan penelitian ini dinamakan penelitian populasi. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini maka penulis menggunakan tehnik angket, dokumentasi dan wawancara. Data tentang pembinaan orangtua yang diterima siswa, penulis menggunakan tehnik angket. Angket yang penulis sebarkan merupakan angket tertutup, dimana setiap angket yang berjumlah 20 item dengan tiga alternatif jawaban, yaitu a, b dan c. Untuk mendapatkan data tentang prestasi belajar penulis menggunakan tehnik dokumentasi , yaitu dengan mempelajari catatan-catatan nilai yang tercantum dalam buku leger wali kelas pada semester genap tahun ajaran 2009-2010. Selanjutnya penulis menggunakan tehnik wawancara dengan mengajukan pertanyaan langsung kepada kepala sekolah, untuk melengkapi data yang tidak terjaring melalui angket dan dokumentasi. Berdasarkan jenis datanya, data penelitian ini bergejala ordinal dan interval, oleh karena itu dalam analisis data penulis menggunakan tehnik korelasi serial, dengan rumus : r ser = Σ {(Or – Ot)(M)} SDtot Σ (Or – Ot)2 P Berdasarkan hasil analisis, penulis menyimpulkan bahwa pembinaan orangtua mempunyai pengaruh yang signifikan dengan prestasi belajar pendidikan Agama Islam siswa SMA Muhammadiyah Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir. Hal ini dapat dilihat dari hasil korelasi serial rch yang lebih besar dari r tabel baik pada taraf signifikan 5% maupun pada taraf signifikan 1%, atau dengan cara lain dapat ditulis : 0,205 < 0,0556 > 0,267. Artinya semakin baik pembinaan orangtua terhadap anaknya, maka prestasi anak akan baik pula. Begitu pula sebaliknya, bila pembinaan orangtua kurang baik maka prestasi anak akan kurang baik pula.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 31 Aug 2017 03:31
Last Modified: 31 Aug 2017 03:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10972

Actions (login required)

View Item View Item