PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PENERAPAN METODE RESITASI PADA MATERI BERIMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH MURID KELAS V SDN 006 PANGKALAN KERINCI KABUPATEN PELALAWAN

Sakdanur, (2010) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PENERAPAN METODE RESITASI PADA MATERI BERIMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH MURID KELAS V SDN 006 PANGKALAN KERINCI KABUPATEN PELALAWAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010294PAI.pdf

Download (253kB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran Agama Islam adalah salah satu pelajaran pokok yang harus diajarkan di sekolah dasar karena berfungsi sebagai penanaman nilai-nilai ajaran Agama Islam, pengembangan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Yang tujuannya agar setiap peserta didik menjadi manusia muslim yang terus berkembang dalam hal keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Didalam mata pelajaran agama islam, di kembangkan tiga kerangka dasar ajaran islam, yaitu aqidah, syari’ah dan akhlak. Ketiga kerangka dasar ini merupakan isi kandungan Al-Quran. Akidah merupakan penjabaran dari konsep iman, syari’ah merupakan penjabaran dari konsep Islam, dan akhlak merupakan penjabaran konsep ihsan. Dari ketiga konsep dasar itulah berkembang berbagai kajian keislaman, termasuk kajian-kajian yang terkait dengan ilmu, teknologi, seni dan budaya. Fungsi dan tujuan pembelajaran Agama Islam yang sangat luhur dan mulia itu, tentu dicapai melalui proses pendidikan yang dilakukan dengan upaya kegiatan pembelajaran. Di SDN 006 Pangkalan Kerinci Pendidikan Agama Islam di ajarkan lansung oleh guru Agama Islam mengingat pentingnya pelajaran agama terebut, idealnya mata pelajaran ini dipelajari dengan sungguh-sungguh. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, pada siklus 1 diketahui bahwa tingkat motivasi belajar Agama Islam murid berada pada klasifikasi ”Rendah” dan murid yang mencapai motivasi tinggi dalam belajar hanya 50% dari keseluruhan murid, ternyata belum mencapai indikator yang diharapkan dalam penelitin ini, dan setelah dilakukan perbaikan pada siklus kedua maka motivasi belajar Agama Islam murid meningkat pada klasifikasi ”Tinggi” dan murid yang mempunyai motivasi tinggi dalam belajar Agama Islam telah mencapai 72,30% dari keseluruhan murid. Dari data ini menunjukkan bahwa hipotesis yang berbunyi ” jika digunakan Metode Resitasi dalam pembelajaran maka dapat Meningkatkan Motivasi Belajar Agama Islam murid kelas V SDN 006 Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan di ”Diterima” artinya apabila digunakan metode Resitasi secara tepat dan benar akan dapat meningkatkan motivasi belajar Agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 31 Aug 2017 02:52
Last Modified: 31 Aug 2017 02:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10963

Actions (login required)

View Item View Item