PAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI STRATE PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERFIKIR KELAS VIII SMP N SATU ATAP OLAK KECAMATAN SUNGAI MANDAU KABUPATEN SIAK

Lutful Malikah, (2010) PAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI STRATE PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERFIKIR KELAS VIII SMP N SATU ATAP OLAK KECAMATAN SUNGAI MANDAU KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
2010_2010285PAI.pdf

Download (327kB)

Abstract

Dilatarbelakangi dari sebuah realitas yang penulis alami selama menjadi guru Pendidikan Agama Islam, bahwa motivasi siswa dalam proses belajar mengajar di kelas sangat minim. Hal itu terlihat dari kefakuman dalam segala hal. Seperti masih ada siswa yang kurang menanggapi pertanyaan dari guru, siswa sering keluar masuk saat proses pembelajaran, masih ada siswa yang ngantuk pada saat proses pembelajaran, siswa tidak mau bertanya dan mengeluarkan ideide dan pendapatnya serta masih ada siswa yang bermain saat proses pembelajaran. Untuk mengatasi hal ini penulis berupaya mengatasi hal ini dengan menerapkan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berfikir (SPPKB), melalui penelitian tindakan kelas (PTK), yang penulis kemas dalam sebuah skripsi yang berjudul “Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pelajaran Pendidikan Agama Islam melalui Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berfikir di Kelas VIII SMP N Satu Atap Olak Kecamatan Sungai Mandau Kabupaten Siak. Penelitian tindakan kelas ini, dengan penerapan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berfikir (SPPKB) ini dapat memberikan motivasi balajar siswa. Adapun tekhnik yang digunakan dalam penelitian ini adalah tehknik observasi, yang dilakukan pada dua siklus dengan empat kali pertemuan. Dari data yang diperoleh dari observasi maka data tersebut dianalisa dengan menggunakan rumus : P = x N F 100% Berdasarkan data hasil pengamatan pada SMP N Satu Atap Olak Kab. Siak, maka setelah dilakukan tindakan maka terjadi peningkatan yang sangat signifikan, yaitu mencapai anggka 90%. Untuk itu, hasil akhir dari penelitian ini adalah bahwa melalui Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berfikir (SPPKB) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi Rasul-rasul Ulul Azmi, pada kelas VIII SMP N Satu Atap Olak Mandau Kab. Siak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 31 Aug 2017 02:47
Last Modified: 31 Aug 2017 02:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10961

Actions (login required)

View Item View Item