PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMPELAJARI BIDANG STUDI FIQIH MELALUI TEKNIK TANYA JAWAB DI KELAS VII MTS AL-FATTAH KECAMATAN KOTO GASIB KABUPATEN SIAK

Siti Patimah, (2010) PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMPELAJARI BIDANG STUDI FIQIH MELALUI TEKNIK TANYA JAWAB DI KELAS VII MTS AL-FATTAH KECAMATAN KOTO GASIB KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010279PAI.pdf

Download (958kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam memahami sholat jama’ dan qashar, khususnya pada Bidang Studi Fiqih. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah Kemampuan Siswa Dalam memahami sholat jama’ dan Qashar pada Bidang Studi Fiqih dapat ditingkatkan melalui teknik tanya jawab di Kelas VII MTS Al-Fattah Kecamatan Koto Gasib Kabupaten Siak. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs MTs Al- Fattah Kecamatan Koto Gasib Kabupaten Siak yang berjumlah 20 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami sholat jama’ dan qashar pada Bidang Studi Fiqih melalui teknik tanya jawab di kelas VII MTs Al-Fattah Kecamatan Koto Gasib Kabupaten Siak. Adapun tempat penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di MTs Al-Fattah Kecamatan Koto Gasib Kabupaten Siak. Adapun waktu penelitian ini dilaksanakan bulan Januari sampai dengan Juni 2010. Bidang Studi yang diteliti adalah pelajaran Fiqih. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Berhasilnya penerapan teknik tanya jawab pada Bidang Studi Fiqih, diketahui dari adanya peningkatan aktivitas guru dan kemampuan siswa dalam memahami sholat jama’ dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada siklus I aktivitas guru hanya mencapai rata-rata 64,3% dengan kategori “Cukup”, setelah dilakukan perbaikan pada siklus II aktivitas guru meningkat dengan rata-rata 85,7% dengan kategori “Baik”. Meningkatnya aktivitas guru berpengaruh terhadap kemampuan siswa dalam memahamai sholat jama’, dimana pada sebelum menerapkan tekni tanya jawab kemampuan siswa dalam memahami sholat jama’ hanya mencapai rata-rata 56,00, pada siklus I dengan rata-rata 65,00. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II ternyata hasil belajar siswa terjadi peningkatan dengan rata-rata secara keseluruhan 76,50. Artinya hasil belajar siswa telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan, yaitu 70. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan melalui teknik tanya jawab dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami sholat jama’ pada Bidang Studi Fiqih siswa di kelas VII MTs Al-Fattah Kecamatan Koto Gasib Kabupaten Siak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 31 Aug 2017 02:45
Last Modified: 31 Aug 2017 02:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10960

Actions (login required)

View Item View Item