PENINGKATAN KEMAMPUAN MURID DALAM MELAFAZHKAN NIAT SHALAT MELALUI METODE LATIHAN DI KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 001 AIRTIRIS KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Mardialis, (2010) PENINGKATAN KEMAMPUAN MURID DALAM MELAFAZHKAN NIAT SHALAT MELALUI METODE LATIHAN DI KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 001 AIRTIRIS KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010271PAI.pdf

Download (770kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan murid dalam Melafazhkan niat sholat wajib, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan metode latihan dapat meningkatkan kemampuan murid dalam Melafazhkan niat shalat wajib di kelas II SDN 001 Airtiris Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah murid Kelas II Sekolah Dasar Negeri 001 Airtiris tahun pelajaran 2009-2010, dengan jumlah murid 25 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penggunaan metode latihan untuk meningkatkan kemampuan murid dalam Melafazhkan niat shalat wajib di kelas II Sekolah Dasar Negeri 001 Airtiris Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Adapun tempat penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di Kelas II Sekolah Dasar Negeri 001 Airtiris. Adapun waktu penelitian ini dilaksanakan bulan November sampai Januari 2010. Mata pelajaran yang diteliti adalah pelajaran Pendidikan Agama Islam. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Berhasilnya penerapan metode latihan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, diketahui dari adanya peningkatan kemampuan murid dalam Melafazhkan niat sholat wajib dari sebelum tindakan, siklus I, siklus II dan siklus III. Pada sebelum tindakan kemampuan murid dalam Melafazhkan niat sholat wajib hanya mencapai persentase 54,4% dengan kategeroi “Kurang” karena berada pada rentang 40-55%. Pada siklus I kemampuan murid dalam Melafazhkan niat sholat wajib mencapai persentase 60,2% dengan kategori “Cukup” karena berada pada rentang 56-75%, pada siklus II meningkat dengan persentase 68,5% dengan kategori “Cukup” karena berada pada rentang 56-75%. Setelah diadakan perbaikan proses pembelajaran pada siklus III kemampuan murid dalam Melafazhkan niat sholat wajib mengalami peningkatan dengan sangat memuaskan dengan persentase 76% dengan kategori “Sangat Mampu” karena berada pada rentang 76-100%. Dengan demikian, penggunaan metode latihan dapat meningkatkan kemampuan murid Melafazhkan niat shalat wajib pada kelas II SDN 001 Airtiris Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 31 Aug 2017 02:41
Last Modified: 31 Aug 2017 02:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10959

Actions (login required)

View Item View Item