ANALISIS PELAKSANAAN METODE PUNISHMENT DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM AS-SHOFA PEKANBARU

Syamsul Huda, (2010) ANALISIS PELAKSANAAN METODE PUNISHMENT DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM AS-SHOFA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010265PAI.pdf

Download (369kB) | Preview

Abstract

Untuk mencapai keberhasilan belajar mengajar banyak faktor yang sangat mempengaruhi, salah satunya adalah metode. Metode digunakan dengan harapan pesan dalam bentuk materi pembelajaran dapat dicerna dengan mudah oleh anak didik. Punishment merupakan sebuah metode pembelajaran dengan tujuan untuk meningkatkan kedisiplinan anak, dan juga menanamkan rasa tanggung jawab bagi anak didik. Hal ini sangat penting untuk diteliti karena banyak terjadi kekerasan dalam pendidikan padahal sistem kekerasan dalam pendidikan dilarang, maka dari itu karena masih diberlakukannya hukuman di SMP Islam As-Shofa Pekanbaru penulis merasa tertarik untuk meneliti tentang Analisis Pelaksanaan Metode Punishment Dalam Pembelajaran Di Smp Islam As- Shofa Pekanbaru. Tujuan dari penelitian ini yaitu berguna untuk mengetahui: Pelaksanaan, bentuk, faktor pendukung dan penghambat serta faktor yang mempengaruhi pelaksanaan punishment dalam pembelajaran di SMP Islam As-Shofa Pekanbaru. Agar proses pemberian punishment terhadap anak didik dapat bermanfaat maka seorang pendidik kiranya dapat menerapkannya dengan cara lemah lembut dan kasih sayang, menjaga tabiat anak, dan hendaknya dilakukan secara bertahap. Sedangkan penelitian yang relevan dengan penelitian ini adalah Penelitian tentang meningkatkan aktivitas pembelajaran melalui hukuman fisik dan non fisik yang dilakukan oleh saudari Fathonah dan penelitian meningkatkan disiplin dalam belajar melalui pemberian hukuman kepada murid yang dilakukan oleh saudari Kasmibot. Adapun tehnik pengumpulan data yang penulis gunakan yaitu angket, wawancara dan dokumentasi. Dari penelitian ini kami dapatkan hasil bahwa (1)Pelaksanaan metode punishment dalam pembelajaran di SMP Islam As-Shofa Pekanbaru dapat dikatakan “sangat optimal” karena diperoleh nilai sebesar 97.3% yang terletak di rentang 76%-100. (2)Faktor-faktor pendukung dalam pelaksanaan punishment, adanya upaya kerja sama antara guru bidang studi, petugas kebersihan, security dengan wali kelas ketika mendapati anak didik yang melakukan pelanggaran. Sedangkan faktor penghambat pelaksanaan punishment adalah kesibukan sebagian guru, orang tua yang mengakibatkan kurang terkontrolnya anak didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 31 Aug 2017 02:38
Last Modified: 31 Aug 2017 02:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10958

Actions (login required)

View Item View Item